logo


Terganggu dengan Kehadiran Militer AS, China Kirimkan Kapal Induk ke Laut China Selatan

Angkatan Laut China dikabarkan telah memulai kegiatan latihannya di Laut China Selatan, dimana kegiatan tersebut digelar sebagai bagian dari upaya untuk melindungi keamanan dan kedaulatan nasionalnya

3 Mei 2021 13:32 WIB

AS-China
AS-China istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Angkatan Bersenjata China, pada Minggu (2/5) mengatakan bahwa Armada Kapal Induk China, Shandong, telah memulai kegiatan latihan tempur rutin tahunannya di Laut China Selatan. Kegiatan tersebut digelar usai Beijing melayangkan kritik terhadap Amerika Serikat yang terus mengirimkan kapal perangnya di wilayah perairan tersebut.

Pada pekan lalu, Kementerian Pertahanan China mendesak AS untuk berhenti mengirimkan armada militer di wilayah perairan dan udara yang berada di dekat China. Kemenhan China juga mengatakan bahwa pesawat militer dan kapal perang AS semakin aktif di dekat wilayah China sejak Joe Biden dilantik menjadi presiden pada Januari lalu.

Juru bicara Angkatan Laut China, Gao Xiucheng mengatakan bahwa kegiatan latihan tersebut merupakan bagian dari upaya melindungi keamanan, kedaulatan, dan kepentingan nasional China, sekaligus menjaga kedamaian dan stabilitas kawasan.


Filipina Bakal Lanjutkan Kegiatan Patroli di Laut China Selatan

"Kami berharap dunia luar akan melihat kegiatan ini dengan obyektif dan rasional. Di masa depan, Angkatan Laut China akan terus menggelar latihan-latihan serupa sesuai yang direncanakan," kata Gao, dalam pernyataan tertulisnya, dikutip Channel News Asia.

Joe Biden Ingin Pertahankan Sikap Permusuhan dengan Korea Utara

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×