logo


Infeksi Covid-19 Tak Terkendali, Rumah Sakit di Argentina Sudah Hampir Penuh

Sejumlah tenaga medis mengatakan bahwa pengetatan aturan pembatasan sosial tidak cukup efektif untuk menekan laju peningkatan kasus infeksi Covid-19 jika tidak diimbangi dengan percepatan pendistribusian vaksin

3 Mei 2021 10:37 WIB

Petugas medis Covid-19
Petugas medis Covid-19 istimewa

BUENOS AIRES, JITUNEWS.COM - Kasus infeksi Covid-19 di Argentina pada Minggu (2/5) telah menembus 3 juta kasus, dimana sejumlah tenaga medis mengatakan bahwa fasilitas ruang perawatan yang ada di negara tersebut hampir penuh meski pemerintah sudah memperketat aturan pembatasan.

Kementerian Kesehatan Argentina mengatakan bahwa penambahan kasus infeksi pada Sabtu-Minggu mencapai 11.394 kasus dengan 156 kematian.

Sebelumnya, Presiden Alberto Fernandez pada pekan lalu sudah memperketat kebijakan pembatasan sosial dengan memberlakukan aturan jam malam guna menekan laju peningkatan kasus Covid-19.


Sanksi AS Gagal Hentikan Pasokan Minyak Rusia ke Belarus

Meski demikian sejumlah tenaga medis mengatakan bahwa pengetatan kebijakan pembatasan sosial tersebut masih belum cukup.

"Masyarakat perlu menjadi lebih waspada dan memahami jika rumah sakit sudah penuh dan para tenaga medis sudah kewalahan," kata Luciana Berti, salah satu perawat, dikutip Reuters.

Sementara itu, Carlos Kambourian, seorang dokter anak, mengatakan bahwa pemerintah juga perlu mempercepat pendistribusian vaksin, jika tidak ingin melihat kapasitas ruang perawatan intensif di negara tersebut benar-benar penuh.

Menurut data pemerintah, tingkat okupansi ruang perawatan intensif (ICU) di Argentina sudah mencapai 68,1 persen.

"Hari ini sistem (layanan) kesehatan tidak mampu menampung pasien tambahan," kata Kambourian.

"Kita dapat terus memperpanjang aturan pembatasan setiap 15 hari sekali mulai hari ini hingga dua tahun ke depan jika kita tidak melakukan apa yang perlu dilakukan, yakni pemeriksaan dan vaksinasi," tandasnya.

Biden Bilang Pengaruh Al Qaeda di Afghanistan Kini Sudah Sangat Pudar

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia