logo


Sanksi AS Gagal Hentikan Pasokan Minyak Rusia ke Belarus

Perdana Menteri Belarus mengatakan bahwa pengiriman minyak dari Rusia ke Belarus masih berjalan dengan normal meski AS sudah menjatuhkan sanksi terhadap perusahaan-perusahaan Belarus

3 Mei 2021 09:38 WIB

Ilustrasi kilang minyak
Ilustrasi kilang minyak Reuters

MINSK, JITUNEWS.COM - Pasokan minyak Rusia ke sejumlah kilang di Belarus masih berjalan seperti biasa dan bahkan kedua negara telah menandatangani beberapa kontrak terkait pengiriman minyak meski sudah mendapatkan sanksi dari Amerika Serikat.

Pada pekan lalu, sejumlah media melaporkan bahwa beberapa pihak eksportir minyak Rusia, seperti Rosneft dan Surgutneftegas, kemungkinan akan berhenti mengirimkan pasokan ke Belarus menyusul pemerintah AS menjatuhkan sanksi terhadap beberapa perusahaan milik pemerintah Belarus.

"Sanksi dijatuhkan kepada sejumlah individu dan lembaga resmi (Belarus) di Amerika Serikat...Tapi, kami membeli minyak bukan dari AS, melainkan dari negara rekan kami, Federasi Rusia," kata Perdana Menteri Belarus Roman Golovchenko dalam sebuah wawancara, dikutip Sputniknews.


Abaikan Protokol Kesehatan, Ribuan Warga Brazil Gelar Protes Dukung Bolsonaro

"Semua berjalan dengan sangat normal dan tenang," tambahnya.

Sementara itu, Belarus saat ini tengah berdiskusi dengan pihak Kremlin terkait pembangunan sejumlah terminal di pelabuhan Rusia untuk memfasilitasi pengiriman kargo yang lebih efisien ke Belarus. Golovchenko mengatakan bahwa Rusia sudah menyampaikan kesiapannya untuk menyesuaikan dengan permintaan Belarus.

Pada 19 Februari lalu, Belarus dan Rusia sudah menandatangani kesepakatan mengenai ekspor produk minyak Belarus melalui pelabuhan Rusia. Di bawah kesepakatan tersebut, perusahaan-perusahaan Belarus dapat melakukan pengiriman hingga 9,8 juta ton kargo, termasuk minyak mentah, atau bahan bakar minyak, melalui pelabuhan Rusia di Laut Baltik antara tahun 2021 hingga 2023 mendatang.

 

Pakar Kesehatan AS Desak Pemerintah India Berlakukan Lockdown Nasional

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×