logo


Pakar Kesehatan AS Desak Pemerintah India Berlakukan Lockdown Nasional

Menurut, Dr Anthony Fauci, pemerintah India harus segera memberlakukan kebijakan lockdown secara nasional untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19

2 Mei 2021 12:00 WIB

Dr. Anthony Fauci
Dr. Anthony Fauci istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Salah satu pakar kesehatan terkemuka AS, Dr Anthony Fauci pada Sabtu (1/5) menyarankan agar pemerinatah India memberlakukan kebijakan lockdown selama beberapa pekan untuk menekan laju peningkatan kasus Covid-19 yang saat ini semakin mengkhawatirkan.

Seperti diketahui, meski mengalami peningkatan kasus, namun pemerintah India sejauh ini menolak untuk memberlakukan aturan lockdown secara nasional usai kebijakan pembatasan yang juga sempat diberlakukan pada tahun lalu tersebut membuat perekonomian mereka hancur dan rakyat menderita.

"Saya pikir hal terpenting untuk dilakukan dalam waktu dekat adalah untuk mendapatkan suplai medis, oksigen, APD dan semacamnya," kata Fauci dalam sebuah wawancara, dikutip Indian Express.


AS Tak Tepati Janji soal Penarikan Pasukan, Taliban Ancam Bakal Lakukan Serangan

"Tapi juga, salah satu hal yang mendesak untuk dilakukan adalah dengan men-shutdown (lockdown) seluruh negara," tambahnya.

"Anda tidak perlu melakukannya selama enam bulan. Anda dapat memberlakukannya untuk sementara waktu saja guna menghentikan perputaran transmisi atau penularan," lanjut Fauci.

Pada kesempatan tersebut Fauci menyadari jika kebijakan lockdown atau shutdown secara total jelas berdampak buruk terhadap perekonomian, namun nyatanya tidak ada cara lain yang lebih efektif untuk memutus rantai penyebaran virus selain dengan kebijakan tersebut.

"Tidak ada yang suka me-lockdown negara...Tapi jika anda melakukannya untuk beberapa pekan, anda bisa melihat dampak signifikan pada dinamika wabah," tandasnya.

Abaikan Protokol Kesehatan, Ribuan Warga Brazil Gelar Protes Dukung Bolsonaro

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×