logo


Demi Gabung ke Perjanjian Nuklir, AS Setuju Cabut Sanksi Iran

Amerika Serikat telah memutuskan untuk mencabut sanksi yang sebelumnya mereka jatuhkan terhadap Iran, dimana hal itu akan lebih memuluskan langkah AS masuk kembali ke perjanjian nuklir JCPOA

2 Mei 2021 09:00 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Amerika Serikat dikabarkan telah mencapai kata sepakat untuk pencabutan sebagian besar sanksi yang mereka jatuhkan terhadap lembaga dan individu asal Iran, termasuk sektor perbankan dan industri minyak. Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi yang menjadi kepala perwakilan negosiator Iran di pembahasan rencana kembali bergabungnya AS ke dalam perjanjian nuklir JCPOA 2015 di Vienna, Asutralia.

"Sanksi-sanksi...yang ada pada sektor energi Iran, termasuk minyak dan gas, atau (sanksi) yang dijatuhkan pada industri otomotif, finansial, perbankan, semuanya harus dicabut berdasar pada kesepakatan yang sejauh ini sudah tercapai," kata Araghchi, dikutip Sputniknews.

"Kami akan me-negoasiasinya hingga kedua pihak semakin mendekat dan permintaan kami dipenuhi. Jika semua permintaan kami dipenuhi, maka akan ada sebuah kesepakatan, begitu pun sebaliknya," tambahnys.


Argentina Perpanjang Aturan Jam Malam Usai Kasus Infeksi Covid-19 Melonjak

Dalam kesempatan terpisah, meski berjalan dengan sangat lambat, namun Araghchi mengatakan bahwa negosiasi perjanjian nuklir pada pembicaraan di Vienna tersebut berhasil membuat sejumlah isu diantara kedua negara menjadi lebih jelas.

"Diskusi menjadi lebih jelas, ketidaksetujuan menjadi lebih transparan dan lebih mudah dipahami...pada sejumlah isu, kami juga sudah memulai untuk mengupayakan kesepakatan," tandasnya.

Warga Australia dari India Dilarang Mudik, Pelanggar Diancam Denda hingga Kurungan Penjara

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×