logo


Argentina Perpanjang Aturan Jam Malam Usai Kasus Infeksi Covid-19 Melonjak

Presiden Argentina mengatakan bahwa dirinya akan memperpanjang aturan pembatasan berupa jam malam di wilayah Buenos Aires dan sekitarnya hingga 21 Mei mendatang

2 Mei 2021 07:30 WIB

Argentina
Argentina istimewa

BUENOS AIRES, JITUNEWS.COM - Presiden Argentina Alberto Fernandez, pada Jumat (30/4) memutuskan untuk memperpanjang aturan pembatasan berupa jam malam antara pukul 8 malam hingga 6 pagi di Buenos Aires, sampai dengan tanggal 21 Mei mendatang karena penambahan jumlah kasus infeksi Covid-19 di wilayah tersebut tak kunjung menurun.

Sebelumnya, Fernandez juga sudah menginstruksikan agar fasilitas pendidikan seperti sekolah umum di wilayah ibukota dan sekitarnya untuk ditutup pada dua pekan yang lalu, namun walikota Horacio Rodriguez Larreta menentangnya dan bahkan menggugat sang presiden.

Sejauh ini, pihak pengadilan masih belum mengeluarkan keputusan terkait gugatan tersebut.


Bentrok Akibat Sengketa Perbatasan, Kirgyzstan Sebut Tajikistan Mulai Terjunkan Lebih Banyak Pasukan

Fernandez pada Jumat sudah memperingatkan bahwa situasi wabah Covid-19 di wilayah ibu kota Argentina akan semakin memburuk sehingga dirinya akan segera meminta pihak Kongres untuk memberikan para gubernur dan dirinya wewenang untuk mengeluarkan aturan pengendalian wabah.

"Kebijakan (pembatasan) atas pandemi adalah untuk menyelamatkan nyawa. Aturan-aturan yang kami berlakukan harus diterapkan secara adil terhadap semua orang," kata Alberto Fernandez, dikutip CNA.

Sejauh ini, negara berpenduduk sekitar 45 juta jiwa tersebut sudah melaporkan hampir tiga juta kasus infeksi Covid-19 dengan lebih dari 63 ribu kematian.

Sementara itu, meningkatnya jumlah pasien jelas membuat sistem layanan kesehatan di Argentina, khususnya di Buenos Aires, semakin kewalahan. Jumlah ketersediaan ruang perawatan intensif di Bueonos Aires juga dikabarkan sudah mulai menipis, dimana tingkat okupansi mencapai 76,6 persen.

AS Resmi Mulai Proses Penarikan Pasukan dari Afghanistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia