logo


Gercep Gibran Urus Pungli di Gajahan, Gibran: Uang Akan Segera Kami Kembalikan

Praktik pungutan zakat dialami sejumlah toko di kawasan Gajahan, Pasar Kliwon, Surakarta.

1 Mei 2021 10:25 WIB

Gibran Rakabuming Raka
Gibran Rakabuming Raka Ist

SOLO, JITUNEWS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menanggapi soal praktik pungutan zakat yang dialami sejumlah toko di kawasan Gajahan, Pasar Kliwon, Surakarta.

Gibran mengatakan bahwa sudah menangani masalah pungutan zakat tersebut. Gibran mengatakan bahwa uangnya akan segera dikembalikan.

"Sudah saya tangani kemarin malam. Uang akan segera kami kembalikan. Saya mohon maaf," ujar Gibran yang mengomentari unggahan Jitunews.com terkait berita tersebut, Sabtu (1/5).


Kasus Covid-19 di Sekitar Solo Meningkat, Gibran Atur Mudik Lokal

Gibran begitu cepat merespon oknum nakal yang memanfaatkan momentum lebaran untuk keuntungan pribadinya. Masyarakat pun mengapresiasi kerja cepat Gibran yang segera mengambil tindakan atas keresahaan yang dialami warga.

Camat Pasar Kliwon, Ari Dwi Daryatmo saat dikonfirmasi Jitunews.com, telah bergerak menyelesaikan persoalan. Ari menegaskan bahwa surat pungutan zakat itu dicabut dan sudah tidak berlaku lagi.

"Sesuai arahan beliau (Walikota Gibran), kita langsung bergerak. Semalam sudah kita kumpulkan. Kalau zakat sudah ada lembaga yang menangani sendiri, itu tidak boleh dilakukan oleh linmas," kata Ari, Sabtu (1/5).

Seperti diberitakan sebelumnya, praktik pungutan zakat tengah dialami sejumlah toko di kawasan Gajahan, Pasar Kliwon, Surakarta. Pemilik toko hanya bisa pasrah ketika didatangi orang berseragam dinas yang mengatasnamakan Satlinmas Kelurahan Gajahan.

Pemilik toko yang tak ingin disebut namanya ini merasa tak punya pilihan selain menyetor uang karena takut diamuk. Berdasarkan keterangan, ada ratusan toko yang telah dimintai uang.

Marathon, Gibran Tinjau Penyaluran Bantuan Sosial Tunai di 15 Kelurahan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata