logo


Nekat Beli dan Gunakan Senjata Rusia, Menlu AS Ancam Jatuhkan Sanksi Tambahan bagi Turki

Amerika Serikat menentang rencana negara aliansinya membeli persenjataan buatan Rusia.

30 April 2021 12:51 WIB

Sistem Pertahanan Udara S-400 buatan Rusia
Sistem Pertahanan Udara S-400 buatan Rusia istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengancam akan menjatuhkan sanksi bagi Turki dan negara aliansi AS lain jika mereka nekat membeli senjata buatan Rusia.

"Sangat penting untuk Turki dan seluruh negara aliansi Amerika Serikat, untuk menghindar dari pembelian persenjataan dari Rusia di masa depan, termasuk (sistem pertahanan) S-400, yang hanya akan membawakan pemasukan, akses dan pengaruh Rusia," kata Blinken di Washington, pada Rabu (28/4), dikutip Sputniknews.

"Semua transaksi signifikan dengan lembaga pertahanan Rusia...dapat menjadi sasaran (sanksi) hukum, CAATSA, dan itu adalah sanksi terpisah dari sanksi yang sebelumnya sudah diberlakukan," tambahnya.


Jelang Idul Fitri, Turki Berlakukan Aturan Lockdown Nasional

Ia menambahkan bahwa pemerintah Amerika Serikat sejauh ini sudah sangat jelas dan konsisten dalam mendesak Turki untuk membatalkan penggunaan sistem pertahanan udara buatan Rusia, S-400. Ia mengatakan bahwa keputusan Turki membeli alutsista dari Rusia tersebut bertolak belakang dengan komitmen yang dibuat oleh negara anggota NATO di Warsawa 2016, dimana negara-negara NATO sepakat untuk mengurangi ketergantungan mereka terhadap peralatan militer Rusia.

Walikota Siap Buka Perekonomian New York mulai 1 Juli

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia