logo


Menantu Amien Rais Jadi Ketum Partai Ummat, PAN Singgung Praktik Oligarki

Guspardi menilai Partai Ummat akan sulit mencapai parliamentary threshold

30 April 2021 11:50 WIB

Guspardi Gaus
Guspardi Gaus twitter.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi, menjadi Ketua Umum Partai Ummat. Politikus PAN, Guspardi Gaus, menyebut akan ada kesan oligarki.

"Karena ini (Ketua Umum Partai Ummat) menantu Pak Amien, masyarakat akan menilai apakah praktik oligarki atau partai dibentuk dalam sistem kerajaan telah berlaku pada Partai Ummat," kata Guspardi kepada wartawan, Jumat (30/4).

Ia tidak ingin berspekulasi apakah Partai Ummat didirikan oleh Amien Rais untuk membangun dinasti politik atau tidak.


Amien Rais Deklarasikan Partai Ummat, Ferdinand: Saya Duga Partai Ini Tak Lolos Verifikasi

"Tentu masyarakat sudah cerdas, kita persilakan masyarakat menilai," ujarnya.

Guspardi mengatakan bahwa Ridho sudah dikenal oleh masyarakat sebagai menantu Amien Rais.

"Sebelum jadi Ketum Ummat, sudah banyak berita yang mengatakan bahwa Mas Ridho adalah menantu Pak Amien, seorang doktor Ph.d bidang IT dan dosen di UII. Semua orang itu sudah mengetahui dan memahami, tentu bagaimana respons masyarakat terhadap partai yang didirikan oleh Pak Amien, tentu silakan masyarakat yang menilai," kata Guspardi.

Namun, ia tidak mempermasalahkan keberadaan Partai Ummat. Guspardi menilai Partai Ummat akan sulit mencapai parliamentary threshold.

"Ini bagian aktualisasi daripada demokrasi. Cuma untuk menjadi peserta pemilu tentu harus dipenuhi pula persyaratan-persyaratan untuk menjadi partai politik peserta pemilu," ujar dia.

"Setelah itu ada lagi langkah lain, untuk bisa berada di senayan harus bisa memenuhi parliamentary threshold, dan biasanya partai baru sulit dan susah untuk bisa capai hal demikian," kata Guspardi.

Disebut Partai Keluarga, Partai Ummat Bicara Soal Loyalitas

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×