logo


Mahfud Nyatakan KKB sebagai Teroris, Komnas HAM: Semakin Jauh dari Jalan Damai

Choirul Anam berpendapat harusnya pemerintah mengambil tindakan soft approach untuk meredam kekerasan di Papua

30 April 2021 05:45 WIB

Choirul Anam Komnas HAM
Choirul Anam Komnas HAM indopolitika

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengumumkan bahwa pemerintah telah resmi menyatakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sebagai teroris. Ia menyebut penetapan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan Undang-undang No 5 Tahun 2018 tentang terorisme.

Sementara itu, Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam menilai bahwa penetapan KKB sebagai teroris tidaklah tepat. Menurutnya, pelabelan teroris justru menjauhkan Papua dari jalan damai.

"Langkah ini tidak tepat, dan semoga tidak akan menimbulkan eskalasi kekerasan yang semakin tinggi, dan semakin menjauhkan agenda jalan damai," kata Choirul Anam seperti dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (29/4/2021).


Yang Tidak Dukung Pemberantasan KKB Papua, Silakan Keluar dari Indonesia

Choirul Anam berpendapat harusnya pemerintah mengambil tindakan soft approach untuk meredam kekerasan di Papua. Ia menyebut pendekatan kekerasan justru akan menimbulkan kekerasan lainnya.

"Harusnya langkah diambil adalah mengembangkan soft appoarch, karena saat ini terbukti pendekatan dengan kekerasan hanya menimbulkan kekerasan berikutnya dan semakin terjual perdamaian di tanah Papua," ujarnya.

Lebih lanjut, Choirul Anam mempertanyakan tindakan pemerintah terkait evaluasi terhadap KKB Papua. Menurutnya, evaluasi perlu dilakukan sebagai langkah awal untuk menentukan kebijakan baru.

"Selama ini apakah ada evaluasi kenapa masih terjadi kekerasan, baku tembak dan jatuhnya korban semakin banyak. Harusnya itu dievaluasi dan jadi bahan pijakan membuat kebijakan baru. Selain itu, semoga penetapan status ini tidak merugikan kepentingan strategis nasional Indonesia di dunia internasional," pungkasnya.

Khawatir Label KKB Teroris Jadi Stigma Negatif, Lukas: Pemprov Nyatakan Rakyat Papua Setia NKRI

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×