logo


Iran Tuding Israel Berada di Balik Serangan Drone yang Tewaskan Qasem Solemani

Presiden Iran menuding Israel juga terlibat dalam insiden serangan drone yang menewaskan Jenderal Qasem Solemani pada awal tahun 2020 lalu

29 April 2021 12:48 WIB

Tempo.co

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Presiden Iran Hassan Rouhani menuduh Israel berada di balik insiden serangan udara yang menewaskan Jenderal Qasem Solemani pada Januari 2020. Hal tersebut ia sampaikan dalam rapat kabinet yang digelar pada Rabu (28/4).

Rouhani menjelaskan bahwa serangan drone militer AS di sekitar bandara internasional Baghdad pada awal Januari 2020 lalu yang menewaskan Qasem Solemani adalah hasil provokasi rezim Zionis, atau Israel.

"Pembunuhan Jenderal Solemani diprakarsai oleh Zionis, meskipun (mantan presiden AS Donald) Trump yang mengomandoinya," kata Rouhani, dikutip Sputniknews.


Rusia Sudah Mengajukan Penawaran untuk Normalisasi Hubungan dengan AS, Tapi Ditolak

Presiden Iran tersebut kemudian menyebutt bahwa "seluruh tindakan yang dilakukan oleh Donald Trump adalah hasil provokasi Zionis, mengingat presiden AS bersahabat dengan Israel.

Meski demikian, Rouhani tidak memberikan bukti yang lebih lanjut untuk mendukung tuduhannya tersebut.

Sebagaimana diketahui, kematian Qasem Solemani pada awal tahun 2020 lalu telah membuat hubungan AS-Iran semakin memburuk, terlebih AS sebelumnya sudah menjatuhkan sanksi terhadap Iran.

Ternyata Ini yang Bikin NATO Nggak Pernah Bisa Tandingi Kemampuan Militer Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×