logo


Ternyata Ini yang Bikin NATO Nggak Pernah Bisa Tandingi Kemampuan Militer Rusia

Seorang mantan pejabat pemerintah AS mengungkapkan mengapa selama ini NATO tidak pernah bisa menandingi kemampuan militer Rusia

29 April 2021 12:19 WIB

Pasukan Rusia
Pasukan Rusia istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Paul Craig Roberts, seorang mantan asisten menteri keuangan Amerika Serikat, mengatakan bahwa kekuatan militer NATO tidak akan pernah dapat menandingi kekuatan Rusia karena aliansi tersebut hanya menjalankan fungsi propaganda saja.

"NATO tidak akan pernah dapat menandingi kekuatan militer Rusia. NATO umumnya bertindak sebagai alat Eropa dalam menyetujui kebijakan luar negeri Amerika Serikat," kata Roberts, dikutip Sputniknews.

"Ini (NATO) memiliki fungsi propaganda," tambahnya.


Kegiatan Latihan Filipina di LCS Diprotes China, Manila: China Tidak Punya Urusan

Ia mengatakan bahwa Amerika Serikat melihat Vladimir Putin dan Rusia sebagai penghalang bagi hegemoni AS, dan kemampuan tempur Rusia yang begitu dahsyat digunakan oleh pemerintah AS untuk membenarkan tingginya anggaran sektor pertahanan, selain juga karena alutsista AS yang begitu kompleks dan canggih.

"Hal ini meninggalkan sebuah ketidak-mungkinan adanya hubungan yang lebih baik (antara AS dengan Rusia)," lanjutnya.

Meski demikian, beberapa negara Eropa sudah menyadari jika tidak ada manfaatnya untuk terlibat di dalam konflik AS-Rusia.

"Ini semua hanya memicu resiko tanpa hadiah. Eropa perlu suplai energi dari Rusia, dan bisnis Eropa sangat tertarik untuk berpartisipasi di dalam perkembangan ekonomi Rusia," ujarnya.

Rusia Sudah Mengajukan Penawaran untuk Normalisasi Hubungan dengan AS, Tapi Ditolak

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×