logo


Diganggu Kapal Militer Iran, Kapal AS Terpaksa Keluarkan Tembakan Peringatan

Armada Kelima Angkatan Laut Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka terpaksa mengeluarkan tembakan peringatan untuk mengusir kapal IRGC yang mengganggu mereka saat berpatroli di Teluk Persia

28 April 2021 20:00 WIB

Kapal Iran mencoba mendekati kapal tempur AS di wilayah perairan Teluk Persia
Kapal Iran mencoba mendekati kapal tempur AS di wilayah perairan Teluk Persia Al Jazeera

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Angkatan Laut Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka telah mengeluarkan tembakan peringatan kepada sejumlah kapal milik pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC) di Teluk Persia, dan menuding kapal Iran secara sengaja mengganggu kapal milik AS di wilayah perairan internasional tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Selasa (27/4), Armada kelima Angkatan Laut AS mengatakan bahwa tiga kapal milik IRGC berupaya mendekati dua kapal milik Angkatan Laut AS yang tengah berpatroli di wilayah perairan tersebut pada Senin petang.

"Kru kapal AS mengeluarkan sejumlah peringatan via radio dan pengeras suara, namun kapal-kapal IRGC terus melakukan manuver dalam jarak dekat," demikian pernyataan Angkatan Laut AS dikutip Al Jazeera.


Taiwan Tuding China Curi Kekayaan Intelektual Industri Teknologi Mereka

"Kru kapal patroli AS Firebolt kemudian mengeluarkan sejumlah tembakan peringatan, dan kapal-kapal milik IRGC tersebut mulai menjauh ke jarak yang aman," lanjutnya.

Insiden tersebut merupakan insiden kedua yang melibatkan kapal perang AS dan Iran di kawasan Teluk Persia dalam waktu satu bulan terakhir.

Sebelumnyam Angkatan Laut AS juga sudah merilis sebuah rekaman video yang menunjukkan bahwa pada 2 April lalu sebuah kapal IRGC diketahui dengan sengaja memotong jalur kapal AS USCGC Monomoy.

Gelar Latihan Tempur dengan AS, Australia Upgrade Fasilitas Militernya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×