logo


Soal Perombakan Kabinet, PDIP: Pak Jokowi Sedang Nunggu Hari Baik Saja

Basarah merasa pihaknya tak berhak mengintervensi Jokowi dalam merombak kabinetnya.

27 April 2021 17:00 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Instagram @jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Langkah Presiden Jokowi dalam melebur Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menuai pro-kontra dari berbagai kalangan.

Selain itu, dibentuknya Kementerian Investasi yang bakal melengkapi Kabinet Indonesia Maju juga jadi perbincangan akhir-akhir ini.

Isu reshuffle lantas kembali mencuat bersamaan dengan kedua wacana tersebut. Kendati begitu, Presiden Jokowi hingga saat ini belum juga melakukan perombakan pada kabinetnya.


Megawati-Syaikhu Tak Hadiri Pertemuan Antara PDIP dan PKS, Kenapa?

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menyinyalir Presiden Jokowi masih menunggu hari baik untuk melakukan reshuffle.

“Saya kira Pak Jokowi sedang menunggu hari baik saja, menunggu hari baik yang menurut hemat Beliau itu dapat memberikan kemudahan dan kelancaran struktur kabinet baru yang akan dibentuknya itu,” kata Basarah di Gedung DPR, Jakarta, Senin (26/4).

Menurut Basarah, perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Sehingga tak ada yang berhak mengintervensinya, termasuk PDIP.

“Sehingga oleh karena hak prerogatif Presiden adalah hak subjektif Presiden RI yang dijamin konstitusi. Maka kami dari PDIP menyerahkan keputusan hal tersebut kapan mau dilaksanakan, siapa pejabat mau diangkat, itu menjadi wewenang sepenuhnya Pak Jokowi sebagai Presiden,” tukasnya.

PDIP dan PKS Sepakat Hadapi Krisis Akibat Pandemi Covid-19

Halaman: 
Penulis : Iskandar