logo


Islam Bolehkan Nikah Beda Agama, Asalkan Dua Agama Ini

Seseorang perempuan dan laki-laki yang hendak membangun rumah tangga harus memiliki komitmen yang dikukuhkan dalam sebuah ikatan perjanjian yang disepakati bersama.

27 April 2021 07:00 WIB

https://dailyhotels.id/wp-content/uploads/2019/01/DPP_0032.jpg
https://dailyhotels.id/wp-content/uploads/2019/01/DPP_0032.jpg

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tidak jarang kita menemukan fenomena pernikahan berbeda agama di dalam masyarakat. Namun, sebenarnya bagaimana Islam memandnag pernikahan yang berbeda agama?

Dilansir dari CNNIndonesia.com yang menghadirkan tanya jawab seputar Islam, mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan sudut pandang Isam dalam menikah beda agama. Ia mengatakan bahwa seseorang perempuan dan laki-laki yang hendak membangun rumah tangga harus memiliki komitmen yang dikukuhkan dalam sebuah ikatan perjanjian yang disepakati bersama.

Lukman Hakim mengatakan bahwa dalam membangun rumah tangga harus ada cara pandang, sikap, dan bentuk praktik amalan khusus yang terkait keagamaan yang harus disepakati bersama. Islam yang diwakili para ulama menganjurkan agar perbedaan agama lebih baik dihindarkan.


Terlihat Sempurna, 3 Zodiak Ini Cocok Menjadi Suami Idaman

Menurut sebagian ulama, seorang laiki-laki muslim diperbolehkan menikah dengan wanita yang tidak beragama Islam namun harus beragama Yahudi atau Nasrani. Sebagian ulama berpendapat bahwa agama Yahudi dan Nasrani masih menganut keyakinan akan keesaan Tuhan.

Selain ketentuan tersebut, Islam melarang pernikahan beda agama. Namun, sebagian ulama lainnya berpendapat agar perbedaan agama dalam rumah tangga sebaiknya diminamalisir. Agama adalah sesuatu yang menganut keyakinan dan keimananan seseorang. Apabila ada perbedaan, dikhawatirkan akan mengganggu komitmen rumah tangga yang harusnya dirawat bersama.

Ternyata Ini Alasan Deddy Corbuzier Tolak Tawaran Umrah Gratis

Halaman: