logo


Pertemuan antara Joe Biden dan Vladimir Putin Bakal Digelar pada Juni

Seorang pejabat pemerintah Rusia mengatakan bahwa pertemuan antara Presiden AS Joe Biden dan Presiden Vladimir Putin akan digelar pada bulan Juni mendatang

26 April 2021 16:00 WIB

Joe Biden dan Vladimir Putin
Joe Biden dan Vladimir Putin bbc

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Penasihat kebijakan luar negeri kepresidenan Rusia Yuri Ushakov mengatakan bahwa pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden Amerika Serikat kemungkinan akan digelar pada bulan Juni mendatang.

"Mereka bilang bulan Juni, tanggal spesifiknya sudah ditentukan," kata Ushakov dalam sebuah wawancara dengan Rossiya 1 tanpa menjelaskan secara detail.

Saat ditanya apakah kedua pihak sudah berdiskusi mengenai pertemuan tersebut, Ushakov menjawab:


FA Bakal Semaksimal Mungkin Cegah Ide Pembentukan Liga Super Eropa Terulang Lagi

"Sejauh ini belum, tapi sebuah sinyal sudah kami terima, dan akan kita pertimbangkan. Tentu saja, kita akan membuat keputusan berdasarkan banyak faktor."

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menilai permohonan yang diajukan oleh Joe Biden mengenai rencana pertemuan dengan Vladimir Putin adalah sebuah pertanda bagus mengingat tensi di dalam hubungan kedua negara belakangan ini meningkat.

Meski demikian, Lavrov menegaskan bahwa Moskow siap untuk mengambil tindakan jika Washington berniat untuk menaikkan situasi ketegangan.

Ketegangan antara kedua negara telah mengalami peningkatan dalam beberapa bulan terakhir usai Amerika Serikat menuduh Rusia telah berupaya mengintervensi Pilpres AS dan melakukan serangan siber terhadap berbagai lembaga AS. Tudingan tersebut sudah berulang kali dibantah oleh Rusia.

Ketegangan semakin memanas usai Joe Biden setuju dengan jurnalis ABC News yang menyebut Putin sebagai "pembunuh", dalam sebuah sesi wawancara pada pertengahan Maret lalu.

AS dan NATO Sudah Mulai Tarik Pasukan dari Afghanistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia