logo


AS dan NATO Sudah Mulai Tarik Pasukan dari Afghanistan

Austin Scott Miller, salah satu komandan pasukan AS di Afghanistan mengatakan bahwa NATO dan AS sudah mulai mengurangi jumlah personilnya dari wilayah negara tersebut.

26 April 2021 15:30 WIB

Pasukan AS
Pasukan AS CGTN

KABUL, JITUNEWS.COM - Amerika Serikat dan NATO saat ini sudah mulai menarik keluar personil militernya dari sejumlah wilayah di Afghanistan. Hal itu disampaikan oleh Austin Scott Miller, salah satu komandan pasukan AS dalam konferensi pers pada Minggu (25/4). Ia menambahkan bahwa pasukan AS dan NATO nantinya juga akan menyerahkan markasnya kepada pasukan Afghanistan.

"Kita sudah memulai penarikan (pasukan) dari sejumlah basis...Bahkan jika Afghanistan sudah melakukan kesepakatan damai, kami sudah diminta untuk pergi," kata Miller, dikutip Sputniknews.

Sekertaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengungkap bahwa pihaknya juga akan mulai menarik pasukan dari Afghanistan pada 1 Mei mendatang. Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden juga menjanjikan bahwa pasukan AS akan ditarik keluar sepenuhnya dari Afghanistan pada 11 Septermber mendatang.


PM Justin Trudeau Sebuat Situasi Wabah di Kanada Sangat Kritis

Keputusan tersebut tentu saja tidak sesuai dengan perjanjian yang ditanda-tangani oleh mantan Presiden Donald Trump dengan kelompok Taliban. Dalam perjanjian tersebut, pasukan AS akan meninggalkan wilayah Afghanistan pada 1 Mei mendatang, sementara Taliban harus menghentikan tindak kekerasan dan memutuskan hubungan dengan kelompok teroris Al Qaeda.

Meski pemerintah Afghanistan juga sudah melakukan negosiasi damai Taliban di Qatar pada September lalu, namun pertempuran antara kedua belah pihak masih terus berlanjut.

FA Bakal Semaksimal Mungkin Cegah Ide Pembentukan Liga Super Eropa Terulang Lagi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia