logo


Chemistry Anies-Khofifah untuk Pilpres 2024 Bisa Dibentuk, Pengamat: Yang Penting Elektabilitas Tinggi

Pengamat politik Ujang Komarudin sebut Anies masih melakukan penjajakan awal dan akan melakukan safari politik ke banyak tokoh.

26 April 2021 08:00 WIB

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin.
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin. wikipedia.org

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banyak pihak yang berspekulasi terkait pertemuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Ngawi beberapa waktu yang lalu. Keduanya disebut-sebut akan berpasangan untuk maju di Pilpres 2024.

Menanggapi pertemuan Anies dan Khofifah tersebut, peneliti politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin mengatakan ada kecocokan antara keduanya. Namun ia menilai Anies masih melakukan penjajakan awal dan akan melakukan safari politik ke banyak tokoh.

"Anies masih akan terus keliling-keliling. Dan itu bagian dari silaturahmi dan safari politik. Itu biasa dilakukan para politisi. Bisa saja pertemuan tersebut bagian dari silaturahmi awal atau penjajakan awal untuk skenario politik Pilpres 2024," kata Ujang seperti dilansir detikcom, Senin (26/4/2021).


Balas Budi ke Petani Daerah, Anies: Jakarta Ketergantungan Produk Pertanian Tinggi

Ujang menilai meskipun keduanya berbeda gender namun tetap bisa dicocokkan. Menurutnya, kecocokan bisa dibentuk yang terpenting bisa mendapatkan popularitas dari masyarakat sehingga memperoleh elektabilitas yang tinggi.

"Soal apakah mereka berdua cocok atau tidak. Kalau kita lihat dari perspektif gender, maka bisa menjadi pasangan yang cocok. Karena Anies laki-laki dan Khofifah perempuan. Komposisi perwakilan pemilih laki-laki dan pemilih perempuan," ujarnya.

"Chemistry bisa dibangun dan dibentuk. Yang perlu dilakukan keduanya adalah agar mendapatkan simpati publik dengan cara mendapatkan popularitas dan elektabilitas yang tinggi," tandasnya.

Ada Kecocokan Anies-Khofifah untuk Pilpres 2024, Pengamat: Tapi Apapun Bisa Terjadi, Sama Kayak Pacaran Aja

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati