logo


Ada Kecocokan Anies-Khofifah untuk Pilpres 2024, Pengamat: Tapi Apapun Bisa Terjadi, Sama Kayak Pacaran Aja

Aditya menilai hal yang wajar apabila Anies melakukan komunikasi politik bersama Khofifah

26 April 2021 07:30 WIB

Anies Baswedan dan Khofifah Indar
Anies Baswedan dan Khofifah Indar Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI), Aditya Perdana turut menanggapi petemuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Ngawi. Menurutnya, terlalu dini menyimpulkan keduanya akan berpasangan maju di Pilpres 2024. Ia menyebut akan banyak muncul spekulasi cocok dan tidak cocok untuk keduanya maju di Pemilu nanti.

"Akan ada banyak spekulasi, simulasi cocok atau tidak, tapi paling tidak, saya tidak mengarahkan pencalonan, paling nggak baru usaha untuk saling kunjungi untuk mengenal orang di belakang mereka," kata Aditya dilansir detikcom, Senin (26/4/2021).

Aditya menyebut ada kesamaan antara Anies dan Khofiah karena keduanya mantan menteri dan mantan juru kampanye Joko Widodo. Namun ada perbedaa yang sagat mencolok, yakni Anies didukung oleh orang-orang di luar pemerintahan.


Bertemu Anies Baswedan, Khofifah 'Nostalgia' Jadi Jubir Jokowi-JK

"Dalam konteks ini, ada dinamika politik yang berbeda. Karena Pak Anies kan kecenderungannya bukan didukung oleh Kelompok pemerintah," katanya.

Lebih lanjut, Aditya menilai hal yang wajar apabila Anies melakukan komunikasi politik bersama Khofifah. Ia menyebut Anies juga akan melakukan safari politik kebanyak pihak. Ia menegaskan bahwa dinamika politik adalah hal yang biasa.

"Saya melihatnya ini masih dalam posisi cair saja, bukan kondisi tertentu, masih pajang, apapun bisa terjadi. Sama kayak pacaran aja," ujarnya.

Balas Budi ke Petani Daerah, Anies: Jakarta Ketergantungan Produk Pertanian Tinggi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati