logo


Tegas! Mulai Hari Ini Indonesia Tolak WNA India

Indonesia menolak semua WNA yang mempunyai riwayat perjalanan dari India selama 14 hari terakhir

24 April 2021 20:47 WIB

Bandara Soekarno-Hatta
Bandara Soekarno-Hatta detikcom

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Jhoni Ginting mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah tegas menolak kedatangan WNA yang memiliki riwayat perjalanan dari India selama 14 hari terakhir. Jhoni mengatakan bahwa penolakan tersebut terhitung mulai hari ini Sabtu (24/4/2021). Ia juga mengatakan bahwa kebijakan tersebut diambil mengingat jumlah kasus covid-19 di India terus melonjak.

"Selain menolak masuk orang asing, kami juga menghentikan sementara penerbitan visa bagi warga negara India," kata Jhoni dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/4/2021).

Selain menolak WNA yang memiliki riwayat perjalanan dari India selama 14 hari terakhir, Jhoni mengatakan bahwa pemerintah juga membatasi pintu masuk di beberapa Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI). Meski demikian, Jhoni mengatakan bahwa pemerintah akan terus mengevaluasi penerapan kebijakan tersebut.


Dibikin Heran Pemerintah, Tengku Zul: Warga India Masuk Boleh, Mudik Enggak Boleh

Lebih lanjut, Jhoni mengatakan bahwa pelarang masuk Indonesia tidak berlaku bagi WNI yang memiliki riwayat perjalanan dari India dalam kurun waktu 14 hari terakhir. WNI tersebut akan dilakukan karantina terlebih dahulu.

"Bagi WNI yang masuk tentunya tetap harus mengikuti protokol kesehatan ketat sesuai aturan dari Satgas Penanganan COVID-19," pungkasnya.

PM Justin Trudeau Sebuat Situasi Wabah di Kanada Sangat Kritis

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×