logo


Pastikan Keuangan Terkendali, Ini 4 Tips Bijak Manfaatkan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Anda perlu memahami bagaimana cara bijak memanfaatkan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit ini.

24 April 2021 05:04 WIB

Ilustrasi mengatur keuangan
Ilustrasi mengatur keuangan kompas.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bukankah menyenangkan jika semua transaksi belanja Anda dapat dilunasi dengan cara mencicil? Selain meringankan beban keuangan, fasilitas cicilan juga dapat membantu Anda untuk memenuhi hasrat berbelanja meskipun sedang tak memiliki cukup uang. Sayangnya, sebagian orang masih menganggap bahwa fasilitas tersebut hanya diberikan oleh layanan kartu kredit yang amat sulit untuk diajukan.

Namun, tahukah Anda bahwa zaman sudah banyak berubah? Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah menyentuh hampir semua aspek kehidupan manusia dan menawarkan beragam inovasi serta layanan baru yang memudahkan. Salah satunya adalah kemunculan beragam produk keuangan berbasis digital yang mulai banyak ditawarkan oleh perusahaan fintech di dalam negeri.

Di antara banyaknya produk keuangan yang telah terinovasi tersebut, layanan cicilan tanpa kartu kredit menjadi salah satu yang cukup menarik perhatian masyarakat. Alasannya karena layanan tersebut mampu memenuhi keinginan konsumen untuk mencicil transaksi belanja, namun tak menjangkau fasilitas kartu kredit. Dengan syarat pengajuan yang mudah, cukup menunjukkan dokumen data pribadi saja, siapapun dapat menjadi pengguna layanan cicilan tanpa kartu kredit tersebut.


Viral Penarikan Duit Dibatasi, Nasabah Bukopin Ngadu ke OJK

Akan tetapi, meski memudahkan aktivitas berbelanja, jangan sampai menggunakan layanan tersebut secara berlebihan. Sebab, walaupun lebih mudah memenuhi kebutuhan karena tagihannya bisa dibayar secara mencicil, layanan ini dapat memicu sikap kalap saat berbelanja dan meningkatkan pengeluaran secara signifikan.

Akhirnya, keuangan tertimbun beban cicilan yang sudah terlalu menumpuk. Nah, agar hal tersebut dapat dihindari, Anda perlu memahami bagaimana cara bijak memanfaatkan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit ini. Berikut adalah ulasannya.

1. Hanya Gunakan untuk Memenuhi Kebutuhan Prioritas dan Mendesak

Layanan cicilan tanpa kartu umumnya digunakan untuk menyelesaikan transaksi belanja online. Karenanya, saat sedang asyik melihat produk yang dijajakan oleh para merchant online, Anda pasti sering melihat barang yang dirasa bagus dan ingin segera membelinya. Padahal, jika dipikir-pikir, barang tersebut tak jelas apa manfaatnya.

Kebiasaan inilah yang membuat cicilan tanpa kartu kredit dapat membebani keuangan secara berlebihan. Maka dari itu, sebelum menggunakan layanan ini, selalu pertimbangkan apa kegunaan barang yang ingin dibeli dan pastikan bersifat prioritas serta tak bisa ditunda. Jadi, berbelanja menggunakan cicilan tanpa kartu kredit ini bukan didasarkan pada hasrat belaka tanpa ada manfaat yang jelas dari produk atau jasa yang dibeli.

2. Cek Kondisi Keuangan dan Pastikan Rasio Utang Masih di Bawah 30%

Aturan rasio utang tak lebih dari 30% penghasilan sudah seharusnya berlaku pada semua produk pinjaman uang yang dimiliki, termasuk cicilan tanpa kartu kredit. Alasannya agar kebutuhan penting lainnya, seperti keperluan sehari-hari, tagihan listrik dan air, dan lain sebagainya tak sampai terhambat.

Selain itu, jika beban dari semua cicilan Anda telah melebihi rasio tersebut, besar kemungkinan pengajuan layanan cicilan ini tidak akan diapprove. Jika ternyata disetujui, limit kredit yang didapat pun tak akan terlalu memuaskan.

Oleh karena itu, selalu cek dulu kondisi keuangan dan pastikan rasio utang masih di bawah 30% penghasilan agar cicilan kartu kredit tetap aman digunakan. Bila perlu, terapkan formula 50% penghasilan untuk kebutuhan utama, 30% untuk keperluan pribadi, termasuk utang dan cicilan, serta 20% untuk tabungan dan investasi, agar kondisi keuangan Anda tetap kondusif.

3. Cermati Potensi Keuntungan yang Bisa Didapat

Selayaknya kartu kredit, cicilan tanpa kartu juga menawarkan banyak benefit bagi setiap penggunanya, seperti diskon khusus, cashback, dan juga poin rewards. Beberapa layanan juga memiliki fasilitas bunga 0% jika nasabah mampu melunasi tagihannya dalam kurun waktu tertentu, juga tingkat bunga bersaing dengan pilihan tenor bervariasi.

Yang terpenting, dalam memilih layanan cicilan tanpa kartu, selalu cari yang memiliki fasilitas simulasi cicilan dan menginformasikan detail tagihan secara transparan. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui cicilan maksimal yang sanggup dilunasi oleh keuangan, serta mengecek sendiri rincian cicilan. Termasuk tingkat bunga, tenor, tanggal jatuh tempo, serta biaya tambahan apa saja yang dibebankan.

4. Pastikan Ada Kebijakan Refund atau Return Barang

Cicilan tanpa kartu kredit merupakan metode pembayaran yang umum digunakan ketika berbelanja online. Nah, saat melakukan transaksi tersebut, Anda pasti pernah merasa was-was dengan kualitas barang yang dibeli karena tak bisa melihatnya secara langsung. Di sinilah Anda bisa mendapatkan manfaat tambahan saat menggunakan layanan ini.

Tak sedikit layanan cicilan tanpa kartu kredit yang memiliki kebijakan refund atau return jika barang yang diterima oleh pembeli tak sesuai dengan yang diharapkan. Jadi, agar tak menyesal belakangan, selalu cari layanan cicilan tanpa kartu dan merchant online yang memiliki salah satu dari dua kebijakan tersebut.

Penuhi Segala Kebutuhan dengan Lebih Mudah Pakai Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Beragam manfaat yang dimiliki oleh layanan cicilan tanpa kartu kredit memang terlihat sangat menggoda, khususnya bagi para pelaku belanja online. Tak hanya meringankan pengeluaran, layanan tersebut juga menawarkan berbagai promo menarik yang mampu membuat aktivitas berbelanja semakin menyenangkan.

Meski begitu, tanpa dibarengi dengan pemakaian yang bijak, risiko cicilan tanpa kartu kredit untuk mengacaukan keuangan akan menjadi sangat tinggi. Nah, untuk mengantisipasinya, pastikan untuk mengaplikasikan 4 tips di atas, ya!

Kabar Baik! Usai Diterpa Isu Tak Sedap, Saham Bank Bukopin Melambung Tinggi

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×