logo


Rudal dari Wilayah Suriah Berhasil Jebol Sistem Pertahanan Udara Israel

Pasukan militer Israel saat ini tengah melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab sistem pertahanan udara mereka tidak dapat menghalau serangan rudal yang dilancarkan dari arah Suriah

23 April 2021 18:15 WIB

Tentara Israel
Tentara Israel RT.com

JERUSALEM, JITUNEWS.COM - Israel dikabarkan tengah melakukan penyelidikan untuk mengungkap mengapa sistem pertahanan udara mereka tidak dapat menghalau sebuah misil yang ditembakkan dari wilayah Suriah.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengklaim bahwa rudal udara jarak jauh telah diluncurkan dari arah wilayah Suriah terhadap sejumlah pesawat tempur Israel. Pesawat tempur Israel tersebut rencananya akan melakukan serangan udara di wilayah Dataran Tinggi Golan, Suriah.

Rudal yang ditembakkan dari wilayah Suriah tersebut dilaporkan jatuh dan meledak di sebuah desa yang berlokasi tak jauh dari fasilitas reaktor nuklir Israel di kota Dimona, pada Kamis (22/4) pagi.


Rusia Beri AS Kesempatan untuk Perbaiki Jalur Dialog, Cegah Ancaman Siber

Menanggapi insiden tersebut, Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengakui bahwa sistem pertahanan udara Israel gagal menghalau serangan dari luar, sehingga saat ini pihak iDF tengah menginvestigasi faktor penyebabnya.

"Biasanya, kami melihat hasil yang berbeda," kata Gantz.

Sebelumnya, Israel dikabarkan akan terus meningkatkan serangan udara mereka terhadap berbagai fasilitas yang diduga milik Iran di Suriah.

Brigadir Jenderal Yossi Kuperwasser, mantan salah satu petinggi intelijen Israel, mengatakan bahwa fokus serangan Israel hanya akan ditujukan kepada fasilitas-fasilitas yang memiliki dampak strategis.

"Kami ingin mencegah Iran menjadikan Suriah sebagai basis militer mereka yang sangat dekat dengan Israel, dimana hal itu bisa membawa sebuah perubahan strategis yang sangat drastis dalam situasi ini...Oleh sebab itu kami akan terus menghantam basis militer Iran sehingga mereka tidak dapat mengambil alih negara (Suriah)," katanya.

Kanada Blokir Penerbangan dari India dan Pakistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia