logo


Rusia Beri AS Kesempatan untuk Perbaiki Jalur Dialog, Cegah Ancaman Siber

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan penawaran kepada AS untuk pemulihan dialog bilateral kedua negara.

23 April 2021 16:30 WIB

Gedung Kremlin di Moskow, Rusia
Gedung Kremlin di Moskow, Rusia istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM -Rusia telah menawarkan sebuah kesempatan bagi AS untuk memperbaki jalur dialog, termasuk di level tertinggi, terkait pencegahan ancaman siber.

"Dari sudut pandang Rusia, salah satu langkah pertama ke arah yang benar adalah tanggapan Washington terhadap proposal kami untuk memulihkan dialog Rusia-AS tentang keamanan informasi internasional, yang disuarakan dalam pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin per 25 September, 2020," kata seorang juru bicara Kemenlu Rusia kepada Sputniknews.

"Inisiatif Rusia memungkinkan diadopsisinya serangkaian tindakan praktis untuk mengatur ulang hubungan bilateral di bidang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk pemulihan format dialog khusus dan saluran komunikasi, termasuk di level tinggi", kata juru bicara itu.


AS Sebut Politik Pemaksaan China Telah Bikin Australia Terbebani

Pernyataan tersebut muncul usai pada pekan lalu pemerintah AS mengusir sejumlah diplomat Rusia yang mereka yakini terlibat serangan siber terhadap berbagai lembaga pemerintah AS pada awal tahun 2021 lalu. Keputusan tersebut mendapat balasan dari Rusia dengan menjatuhkan sanksi berupa pemblokiran visa terhadap delapan pejabat AS dan pengusiran 10 diplomat AS dari Moskow.

Konflik Diplomatik Semakin Memanas, Ceko Minta Rusia Kurangi Jumlah Staf Diplomat di Praha

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia