logo


Belasan WNA India Positif Covid-19, Pemerintah Tegas Hentikan Pemberian Visa

Airlangga Hartarto dengan tegas melarang warga asing yang pernah singgah di India masuk ke Indonesia.

23 April 2021 15:45 WIB

Airlangga Hartarto
Airlangga Hartarto Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Baru-baru ini ratusan WNA dari India diketahui datang ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta pada Rabu (21/4/2021). Usai dilakukan tes swab 12 dari 135 WNA India tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Sementara itu, banyak pihak yang mengaku khawatir akan muncul varian baru corona mengingat India tengah mengalami lonjakan kasus yang tidak terkendali. Oleh karena itu, pemerintah melalui Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto dengan tegas melarang warga asing yang pernah singgah di India masuk ke Indonesia.

"Pemerintah memutuskan untuk menghentikan pemberian visa bagi orang asing yang pernah tinggal dan atau mengunjungi wilayah India dalam kurun 14 hari," kata Airlangga Hartarto dalam jumpa pers virtual yang ditayangkan Youtube BNPB, Jumat (23/4/2021).


Syok Kena Covid-19 Lagi, Atta Halilintar: Sangkaku Istriku yang Positif, Ternyata Aku

Airlangga mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil mengingat sejumlah negara juga sudah melarang masuk warga yang melakukan perjalanan dari India. Meski demikian, ia menegaskan bahwa pelarangan tersebut tidak berlaku bagi WNI yang sempat singgah di India.

"Bagi WNI yang akan kembali ke Indonesia dan pernah tinggal atau mengunjungi India dalam 14 hari tetap diizinkan masuk dengan prokes diperketat," ucapnya.

 

Pengetatan Mudik Ada 3 Tahap, Jubir Presiden: Pemerintah Belajar dari Kasus India

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati