logo


Protes Pidato Jokowi, Walhi Sebut Presiden Gamang Menyikapi Krisis Perubahan Iklim

Nur Hidayati menilai harusnya Jokowi mampu mempengaruhi bangsa lain agar tegas menggerakan upaya konkret penurunan emisi gas rumah kaca

23 April 2021 15:15 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Nur Hidayati memprotes pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Leaders Summit on Climate Change yang disampaikan Kamis (22/4) malam. Ia menilai Jokowi tidak tegas dalam menyampaikan sikap Indonesia terhadap krisis perubahan iklim.

"Tidak ada sense of crisis kepala negara atas situasi Indonesia yang secara nyata sudah menderita dampak perubahan iklim. Seperti cuaca ekstrem yang memicu banjir besar di Kalimantan Selatan, serta siklon tropis Seroja yang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur dan sekitarnya," kata Nur Hidayati seperti dilansir CNNIndonesia.com, Jumat (23/4/2021).

Nur Hidayati menilai harusnya Jokowi mampu mempengaruhi bangsa lain agar tegas menggerakan upaya konkret penurunan emisi gas rumah kaca. Namun menurutnya, Jokowi hanya memberi saran biasa tanpa menginspirasi pemimpin lain.


Taiwan Targetkan Capai Zero Emisi pada 2050

Lebih lanjut, ia menilai Jokowi menunjukkan sikap gamang dalam mengambil langkah untuk menangani krisis perubahan iklim.

"Presiden justru melakukan business as usual, yaitu penanganan perubahan iklim berbasis proyek, yang dalam pengalaman-pengalaman sebelumnya terbukti tidak berhasil dan tidak berkelanjutan," tutupnya.

Reshuffle Belum Diumumkan, PKS: Menunjukkan Kelemahan Leadership Presiden

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati