logo


Pencarian KRI Nanggala-402 Terus Dilakukan, TNI: Tidak Ada Suara, Tinggal Hanya Sonar

TNI terus melakukan pencarian terhadap kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan Bali.

23 April 2021 12:33 WIB

Kapal KRI Nanggala
Kapal KRI Nanggala Ist

BALI, JITUNEWS.COM - TNI terus melakukan pencarian terhadap kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan Bali. Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad menduga kapal selam tersebut terbawa arus.

"Untuk ruas, jelas ruas sudah diadakan penyisiran secara luas, karena semuanya kita juga memang, saya secara teknis tidak... tapi saya sudah menanyakan, ya bisa saja arus bawah laut membawa semuanya ketika dia mengapung bisa terbawa ke mana tapi artinya wilayah-wilayah yang diperkirakan," kata Riad dalam jumpa pers di Bali, Jumat (23/4).

Riad mengatakan bahwa saat ini KRI Nanggala-402 sudah tidak bersuara dan hanya sonar yang bisa mendeteksi keberadaannya.


Kapal KRI Nanggala-402 Hilang, TNI Kerahkan 5 KRI, 1 Helikopter, dan 400 Anggota untuk Mencari

"Karena kemarin sementara ini dari KRI Rimau. Nah, ini tampaknya akan diperkuat dari KRI lain yang memang bisa dari mana sih titik... karena kebetulan kapal selamnya kan udah diem, tidak ada suara, tinggal hanya sonar yang bisa menangkap," jelasnya.

Riad mengatakan bahwa saat ini ada 21 KRI yang terjun langsung mencari kapal tersebut.

"KRI yang dikerahkan pada proses pencarian, jadi disampaikan 21," katanya.

"(Total) 21 itu sudah 1 termasuk KRI Alugoro, jadi total jumlahnya saya sampaikan adalah 21 KRI. Kalaupun nanti ada penambahan, tapi yang jelas saat ini ada 21 KRI, termasuk KRI Alugoro, yaitu kapal selam juga," ujar Riad.

Kapal KRI Nanggala-402 Hilang Kontak, Prabowo: Selamatkan Anak-anak Kita Secepat Mungkin

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata