logo


Rusia Mulai Tarik Pasukan dari Perbatasan Ukraina

Pengumuman yang dikeluarkan oleh Rusia terkait penarikan pasukan militer dari wilayah perbatasan, mendapat sambutan baik dari Presiden Ukraina

23 April 2021 11:15 WIB

Pasukan Rusia
Pasukan Rusia istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Rusia, pada Kamis (22/4) mengumumkan bahwa mereka akan memulai proses penarikan pasukan militernya yang beberapa waktu terakhir ini diterjunkan di kawasan dekat dengan perbatasan Ukraina pada Jumat (23/4).

Seperti diketahui, situasi ketegangan antara Moskow, Kiev dan negara-negara barat belakangan ini meningkat usai Rusia meningkatkan aktivitas militernya di dekat perbatasan Ukraina dan di wilayah Crimea.

Rusia sebenarnya sudah mengatakan bahwa aktivitas militernya tersebut dilakukan untuk tujuan bertahan, dan tidak mengancam pihak lain. Sedangkan Ukraina, yang mendapat dukungan dari negara-negara anggota NATO, menuding Rusia telah berupaya memprovokasi situasi konflik yang tengah berlangsung antara pasukan Ukraina dengan kelompok separatis pro-Moskow di Donbass.


Jepang Kembali Lockdown Hari Ini, Pendatang dari Luar Negeri Dilarang Masuk

"Pasukan telah menunjukkan kemampuan mereka dalam menyediakan pertahanan yang kredibel bagi negara," kata Menteri Pertahanan Rusia Sergeri Shoigu, dikutip kantor berita RIA dari Al Jazeera.

"Saya sudah memutuskan untuk mengakhiri inspeksi di distrik militer Selatan dan barat ini," tambahnya.

Meski pihak Rusia selama ini tidak mengumumkan berapa jumlah personil pasukannya yang sudah diterjunkan di wilayah perbatasan Ukraina, namun diplomat top Uni Eropa Joseph Borrell mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima informasi dari Kemenlu Ukraina jika jumlah personil tentara Rusia di kawasan tersebut mencapai lebih dari 100 ribu personil.

Pengumuman penarikan pasukan Rusia tersebut tentu saja mendapat sambutan baik dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Tujuh Kepala Negara ASEAN dan Pemimpin Junta Myanmar Bakal Hadir di Jakarta Sabtu Ini

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×