logo


Jepang Kembali Lockdown Hari Ini, Pendatang dari Luar Negeri Dilarang Masuk

Empat prefektur di Jepang mulai Jumat (23/4) memberlakukan status darurat nasional dimana mereka dapat mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar

23 April 2021 10:16 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

TOKYO, JITUNEWS.COM - Pemerintah Jepang mulai hari Jumat (23/4) kembali memberlakukan status darurat nasional untuk sejumlah prefektur, diantaranya Tokyo, Osaka, Kyoto, dan Hyogo. Aturan tersebut diberlakukan guna menekan laju peningkatan kasus infeksi Covid-19 yang belakangan ini semakin meningkat.

Menurut laporan dari NHK, media Jepang, Menteri Kabinet Katsunobu Kato mengatakan bahwa pemerintah akan membatasi pergerakan masyarakat, terutama di tempat-tempat umum untuk menurunkan resiko penularan Covid-19.

Sejak Rabu (21/4), otoritas Osaka dan Tokyo sudah mengajukan permohonan agar kebijakan tersebut dapat kembali berlakukan, dimana nantinya para pekerja diminta untuk bekerja dari rumah dan melakukan pembatasan jam operasional pada sektor bisnis dan pusat hiburan. Mereka khawatir jika peningkatan jumlah kasus infeksi tersebut menghambat persiapan Jepang dalam menggelar Olimpiade Tokyo pada Juli-Agustus mendatang.


Ukraina Berharap Chernobyl Masuk Daftar Situs World Heritage UNESCO

Selain membatasi pergerakan masyarakat di empat prefektur tersebut, pemerintah Jepang juga menutup pintu kedatangan bagi para wisatawan dan pendatang dari luar negeri. Para pakar kesehatan Jepang khawatir jika masuknya turis asing ke Jepang juga diikuti dengan varian baru Covid-19 yang berpotensi membuat situasi wabah di Jepang semakin buruk.

China Dituduh Dukung Serangan Siber di AS dan Eropa, Beijing Minta Bukti yang Cukup

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia