logo


Ukraina Berharap Chernobyl Masuk Daftar Situs World Heritage UNESCO

Menteri Kebudayaan Ukraina selama ini telah berupaya memperjuangkan Chernobyl dan wilayah sekitarnya untuk masuk ke dalam daftar situs Warisan Dunia UNESCO

22 April 2021 20:30 WIB

Salah satu sudut kota Chernobyl
Salah satu sudut kota Chernobyl istimewa

KIEV, JITUNEWS.COM - Pemerintah Ukraina terus berupaya mencari cara agar Chernobyl, bekas fasilitas reaktor nuklir Uni Soviet yang meledak pada 1986, mendapatkan status sebagai World Heritage dari UNESCO.

"Kami meyakini bahwa membuat Cherbobyl masuk dalam daftar pusaka UNESCO adalah langkah yang sangat penting untuk mengubah tempat ini sebagai sebuah tujuan wisata yang unik bagi seluruh umat manusia," kata Menteri kebudayaan Ukraina Oleksandr Tkachenko, dikutip Reuters.

"Ini bukan hanya sebagai tanda pengingat (tragedi bencana nuklir)saja, namun juga sebagai pengingat akan sejarah dan hak asasi manusia," tambahnya.


Duterte Tak Bisa Hadiri Pertemuan ASEAN terkait Pembahasan Isu Myanmar di Jakarta

Menurutnya, sebelum melayangkan permohonan kepada PBB, Chernobyl dan wilayah kota Pripyat yang berada di dalam radius 30 kilometer sekitarnya harus dimasukkan dalam daftar warisan budaya dan sejarah nasional yang mendapat perlindungan dari UNESCO terlebih dahulu.

Sebagaimana diketahui, sebagian besar area tersebut merupakan bekas fasilitas pembangkit tenaga nuklir yang sudah terbengkalai yang tampilannya bisa dibilang seperti kota mati.

Tkachenko berharap Chernobyl dapat menarik perhatian wisatawan luar negeri seperti sebelum pandemi Covid-19 muncul. Menurutnya, sepanjang tahun 2019 lalu, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke wilayah tersebut mencapai 120 ribu pengunjung.

 

Pemerintah Swiss Didesak Pulangkan Dua Anak Pejuang ISIS yang Masih Berada di Suriah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia