logo


Kominfo Kembangkan Program Penguatan Keterampilan Digital untuk Perempuan

Kementerian Kominfo mengambil peran untuk terus memberdayakan perempuan Indonesia agar bisa meningkatkan kesetaraan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi

22 April 2021 11:02 WIB

Johnny G Plate
Johnny G Plate Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan, Kementerian Kominfo mengambil peran untuk terus memberdayakan perempuan Indonesia agar bisa meningkatkan kesetaraan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Bahkan, peringatan Hari Kartini tahun ini menjadi momentum untuk mengimplementasikan transformasi digital inklusif.

“Di titik ini lah kami di Kementerian Kominfo mengambil peran untuk terus memberdayakan perempuan Indonesia melalui berbagai program penguatan keterampilan di sektor ekonomi digital, baik itu melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Digital Talent Scholarship, Startup Studio, serta program UMKM Go-Online,” papar Johnny dalam Webinar Women in Digital Entrepreneurship dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (21/4/2021).

Johnny menyatakan Siberkreasi adalah salah satu program utama sekaligus yang paling dasar dilakukan oleh Kementerian Kominfo untuk memperkuat literasi serta keterampilan digital dasar masyarakat Indonesia.


Terapkan Semangat Kartini, Kominfo Dorong Wanita Kembangkan Inovasi Digital.

“Tahun ini, Siberkreasi ditargetkan dapat mengedukasi dan meningkatkan literasi digital kepada 12,4 juta masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air,” ungkapnya.

Bersama 110 mitra institusi lintas pemangku kepentingan, Menkominfo memaparkan kegiatan yang dapat mendukung kesetaraan gender terus dilakukan dengan menerapkan prinsip gender balance, baik daridari segi program, materi, maupun pembicara.

“Beberapa kelas yang diadakan Siberkreasi juga mendorong partisipasi perempuan yang lebih besar di ranah ekonomi digital, seperti content creating, kelas podcast, kelas pemanfaatan platform untuk UMKM/UMi, dan lainnya,” jelasnya.

Johnny menjelaskan, pelaksanaan seminar dan pelatihan Women in Digital Entrepreneurship sebagai salah satu bentuk kolaborasi nyata bersama Google juga Institute of Electrical & Electronics Engineers (IEEE) Indonesia untuk terus menumbuhkan partisipasi serta kontribusi perempuan Indonesia dalam perekonomian digital bangsa.

“Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini juga merupakan bagian dari program untuk mencetak 22.000 wirausaha digital Indonesia di era Revolusi Industri 4.0,” paparnya.

Menurutnya, selama pandemi Covid-19 beragam ekonomi dan wirausaha perempuan tercatat semakin memanfaatkan teknologi digital pada Juni 2020 tahun lalu. Mengutip hasil riset United Nation, Menteri Johnny mencatat perempuan lebih banyak menggunakan internet untuk keperluan bisnis dibandingkan laki-laki.

“Diantara usaha mikro 54% perempuan telah mengadopsi penggunaan internet dalam memasarkan dan menjual produknya dibandingkan usaha mikro. Sementara laki-laki yang hanya 39% memanfaatkan internet bahkan usaha kecil proporsi pemanfaatan internet untuk pengembangan bisnis oleh perempuan tercatat sebesar 68% atau 12% lebih tinggi,” jelasnya.

Berantas Ujaran Kebencian, Kominfo Blokir 20 Konten YouTube Jozeph Paul Zhang

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata