logo


Nadiem Bertemu Megawati, Ini yang Dibahas

Ahmad Basarah, mengungkap isi pertemuan Mendikbud Nadiem Makarim dengan Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri.

21 April 2021 13:48 WIB

Nadiem Makarim dan Megawati Soekarnoputri
Nadiem Makarim dan Megawati Soekarnoputri Instagram Nadiem Makarim

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah, mengungkap isi pertemuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dengan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri.

Ahmad Basarah mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut membahas soal revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Basarah membantah jika mata pelajaran Pancasila tidak masuk ke PP 57/2021 karena UU Sisdiknas itu menyebut bukan pelajaran wajib.

"Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum negara sehingga semua pembentukan peraturan perundang-undangan harus bersumber dan tidak boleh menyimpangi apalagi bertentangan dengan Pancasila," ujar Basarah dalam keterangannya, Rabu (21/4).


Nadiem Makarim Bertemu Megawati, Pengamat: Mencari Suaka Politik

Basarah mengatakan bahwa dalam UU 12 tahun 2021 tentang pendidikan tinggi telah diatur mata kuliah Pancasila sebagai mata kuliah wajib.

"Mestinya yang dilakukan pemerintah dalam membentuk PP 57 tahun 2021 juga merujuk kepada UU 12 tahun 2012 tersebut, bukan malah melanjutkan kekosongan hukum pada UU Sisdiknas tersebut," katanya.

Pertemuan tersebut untuk membahas revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan yang sempat menimbulkan kegaduhan.

Usul Nadiem Dievalusi, PPP: Kemendikbud Menambah atau Menciptakan Beban Politik bagi Jokowi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata