logo


7 Wisata Solo yang Hits dan Instagramable

Wisata alam hingga wisata budaya yang masih terjaga hingga kini di Solo

21 April 2021 11:15 WIB

Keraton Surakarta Hadiningrat
Keraton Surakarta Hadiningrat ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebagai kota yang dijuluki sebagai kota budaya, Solo memiliki banyak destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari wisata alam hingga wisata budaya yang masih terjaga hingga kini, Solo punya banyak hal yang siap memanjakan Anda saat datang ke kota ini.

Jika Anda termasuk yang suka mengunjungi tempat wisata yang hits dan juga punya banyak spot foto menarik, berikut ada 7 destinasi wisata di Solo yang patut Anda kunjungi.

  1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Rasanya belum sempurna jika liburan ke Solo tapi tidak mampir ke Keraton Surakarta Hadiningrat ini. Bangunan bersejarah yang satu ini masih berdiri dengan megah dan menyimpan banyak benda peninggalan sejarah yang menarik.


Saksikan Baru Klinthing di Saloka Theme Park, Sandiaga Uno Sebut Atraksi Kelas Dunia

Mulai dari bangunan hingga ukiran yang ada di dalam Keraton sangatlah indah dan ada banyak sekali spot foto menarik di sini. Namun Anda harus ingat untuk mengikuti aturan berkunjung, seperti pakaian saat mengunjungi keraton ya.

  1. Kampung wisata batik Kauman

Jika Anda menyukai batik, jangan sampai melewatkan mengunjungi kampung batik populer di Solo ini dan langsung membeli batik di sentra produksinya.

Tak cuma bisa berbelanja, Anda juga bisa belajar membatik di sini. Selain itu jalan-jalan yang ada di kampung batik ini juga sangat estetik lho! Bisa Anda jadikan latar berfoto yang keren!

  1. Grojogan Sewu Tawangmangu

Jika Anda lebih tertarik mengunjungi wisata alam, tenang. Di Solo juga ada air terjun super indah yang bisa Anda kunjungi. Meski berada lumayan jauh dari pusat Kota Solo namun akses ke Grojogan Sewu Tawangmangu tergolong baik sehingga memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung.

Air terjun ini dikelilingi oleh tebing yang hijau ini memiliki pemandangan yang begitu menakjubkan.

  1. Air Terjun Jumog

Solo juga punya air terjun cantik lainnya yang bisa Anda kunjungi, yaitu air terjun Jumog. Terletak di lereng Gunung Lawu, pemandangan air terjun yang satu ini juga tak kalah indahnya lho! Siapkan kamera Anda saat berkunjung kesini ya!

Selain itu siapkan juga stamina karena Anda harus masuk ke dalam hutan dan menuruni ratusan anak tangga untuk bisa sampai ke air terjun ini. Namun semua akan terbalas dengan keindahan air terjun ini.

Belum lagi suasana di sekitarnya yang masih asri dan disini juga banyak wahana menarik, seperti ayunan, jungkat-jungkit, gazebo, kolam buatan dan masih banyak lainnya.

  1. The Heritage Palace

Tempat wisata yang satu ini tergolong baru ini dulunya merupakan pabrik gula peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1892. Bangunan ini kemudian direvitalisasi dan dibuka untuk tempat wisata pada 2018 lalu.

Tempat wisata yang satu ini memiliki bangunan yang menarik, termasuk cerobong asap setinggi 20 meter yang merupakan bagian dari pabrik gula yang masih dipertahankan. Tak heran jika tempat ini jadi tujuan wisata instagramable yang hits di Solo.

  1. Candi Ceto

Jika Anda suka dengan benda peninggalan sejarah yang punya pemandangan alam yang menakjubkan, mainlah ke Candi Ceto yang terletak di Karanganyar ini. Candi yang berada di ketinggian 1496 mdpl memiliki bangunan yang begitu indah dan pemandangan dari atasnya juga tak kalah indahnya.

Gapura candi ini menjadi spot foto paling populer karena bentuknya yang begitu indah dan ikonik, seakan menjadi gerbang menuju langit.

  1. De Tjolomadoe

Tempat wisata yang satu ini dulunya juga merupakan bekas pabrik gula sejak jaman Hindia Belanda yang kemudian dipugar dan dibuka kembali sebagai tempat wisata. De Tjolomadoe merupakan destinasi wisata instagramable di Solo.

Selain berfoto, di sini Anda juga bisa sekalian mengetahui sejarah perkebunan gula yang dulunya ada di bangunan ini.

Sudah tidak sabar mengunjungi Solo? Rencanakan perjalanan Anda dari sekarang dan pilih transportasi paling nyaman menuju Solo versi Anda. Bisa kereta, bisa juga naik travel Joglosemar yang sudah dikenal dalam melayani rute Jogja-Solo-Semarang.

Anda bisa beli tiketnya secara online di Traveloka tanpa ribet. Saat menyusun itinerary liburan ke Solo, jangan lupa masukkan destinasi wisata hits dan instagramable di atas ya. Ingat juga untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan di mana pun berada!

Soal Polemik Mudik Dilarang Wisata Boleh, Kemenhub Jelaskan Maksudnya

Halaman: