logo


Singgung Peradaban Indonesia, Moeldoko: Kok Sekarang Semakin Mundur?

Moeldoko menyinggung kelompok yang menampik suatu ajaran dan budaya.

21 April 2021 06:00 WIB

tagar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menyebut peradaban Indonesia bergerak mundur. Menurutnya, Indonesia dulunya memiliki peradaban tinggi yang ditilik dari berbagai warisan budayanya.

"Di tengah-tengah kita, satu sisi saya ingin mengatakan dengan tegas, kita, masyarakat Indonesia memasuki sebuah peradaban yang tinggi sesungguhnya," kata Moeldoko saat meninjau UIII, Depok, Selasa (20/4).

"Kita punya legacy Borobudur, kita punya legacy tentang wayang kulit, kita punya legacy tentang berbagai hal, keris, dan seterusnya," terang dia.


Usai Terlibat Kisruh Demokrat, KSP Moeldoko Dipercaya Presiden Jokowi Jadi Pengarah Transisi TMII

Moeldoko lantas menyinggung kelompok yang menampik suatu ajaran dan budaya. Kendati begitu, dia tak menyebut kelompok yang dimaksud.

"Tetapi aneh, kita sekarang ini menghadapi sebuah rong-rongan. Dikit-dikit, 'wah ini tidak sesuai dengan ajaran', dikit-dikit 'ini tidak sesuai dengan ajaran', ini apa-apaan," jelasnya.

"Ini kita harus mengeksplorasi lagi kenapa bangsa dulu itu peradabannya begitu tinggi, kok sekarang semakin mundur, gimana ceritanya?" tukas Moeldoko.

Ditanya Soal Partai Demokrat, Ini Kata Moeldoko

Halaman: 
Penulis : Iskandar