logo


Singgung Peradaban Indonesia, Moeldoko: Kok Sekarang Semakin Mundur?

Moeldoko menyinggung kelompok yang menampik suatu ajaran dan budaya.

21 April 2021 06:00 WIB

tagar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menyebut peradaban Indonesia bergerak mundur. Menurutnya, Indonesia dulunya memiliki peradaban tinggi yang ditilik dari berbagai warisan budayanya.

"Di tengah-tengah kita, satu sisi saya ingin mengatakan dengan tegas, kita, masyarakat Indonesia memasuki sebuah peradaban yang tinggi sesungguhnya," kata Moeldoko saat meninjau UIII, Depok, Selasa (20/4).

"Kita punya legacy Borobudur, kita punya legacy tentang wayang kulit, kita punya legacy tentang berbagai hal, keris, dan seterusnya," terang dia.


Soal Reshuffle Kabinet, Moeldoko: Yang Tahu Hanya Presiden

Moeldoko lantas menyinggung kelompok yang menampik suatu ajaran dan budaya. Kendati begitu, dia tak menyebut kelompok yang dimaksud.

"Tetapi aneh, kita sekarang ini menghadapi sebuah rong-rongan. Dikit-dikit, 'wah ini tidak sesuai dengan ajaran', dikit-dikit 'ini tidak sesuai dengan ajaran', ini apa-apaan," jelasnya.

"Ini kita harus mengeksplorasi lagi kenapa bangsa dulu itu peradabannya begitu tinggi, kok sekarang semakin mundur, gimana ceritanya?" tukas Moeldoko.

Heran Peradaban Indonesia Kian Mundur, Moeldoko: Dikit-dikit Tidak Sesuai dengan Ajaran

Halaman: 
Penulis : Iskandar