logo


Heran Peradaban Indonesia Kian Mundur, Moeldoko: Dikit-dikit Tidak Sesuai dengan Ajaran

Moeldoko mengaku heran dengan kondisi Indonesia saat ini yang tidak mencerminkan peradaban.

20 April 2021 19:58 WIB

Moeldoko
Moeldoko Ist

DEPOK, JITUNEWS.COM - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan bahwa Indonesia pernah memiliki peradaban yang tinggi yakni di masa kerajaan Hindu-Budha. Namun, ia mengaku heran dengan kondisi Indonesia saat ini yang tidak mencerminkan peradaban.

"Ini kita harus mengeksplorasi lagi kenapa bangsa dulu itu peradabannya begitu tinggi. Kok sekarang seperti mundur? Bagaimana ceritanya ini?" kata Moeldoko saat meninjau Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Depok, Selasa (20/4/2021).

Moeldoko lantas menyinggung kelompok-kelompok yang tidak menunjukkan peradaban yang tinggi. Kelompok tersebut, kata Moeldoko, selalu menolak keras sesuatu yang tidak sesuai dengan ajaran mereka.


Ditanya Soal Partai Demokrat, Ini Kata Moeldoko

"Aneh kita sekarang ini menghadapi sebuah rong-rongan. Dikit-dikit, 'Wah ini tidak sesuai dengan ajaran.' Dikit-dikit, 'Ini tidak sesuai dengan ajaran.' Ini apa-apaan ini?" ujarnya.

Pada kunjungan tersebut, Moeldoko berharap UII bisa menjadi pusat kajian peradaban tingkat internasional.

"Berarti ini bisa bukan hanya Islam yang dipikirkan, tetapi bagaimana mengkoneksikan Islam dengan dunia luar," ujar mantan Panglima TNI itu.

Soal Reshuffle Kabinet, Moeldoko: Yang Tahu Hanya Presiden

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati