logo


Rusia Bakal Luncurkan Stasiun Ruang Angkasa Mereka pada 2025 Mendatang

Lembaga antariksa Rusia, Roscosmos, mengatakan bahwa proses pembangunan stasiun ruang angkasa mereka saat ini sudah mulai dikerjakan, dan akan dirilis pada 2025 mendatang.

20 April 2021 19:30 WIB

ISS, Stasiun Luar Angkasa Internasional
ISS, Stasiun Luar Angkasa Internasional istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Lembaga antariksa Rusia Roscosmos pada Selasa (20/4) mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk meluncurkan stasiun luar angkasa milik mereka pada 2025 mendatang seiring rencana pemerintah Rusia untuk keluar dari program Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kepala Roscosmos Dmitry Rogozin mengatakan bahwa proses pembangunan modul pertama stasiun antariksa tersebut sudah dimulai. Pengumuman tersebut muncul ditengah situasi ketegangan antara Rusia dengan negara barat terkait isu spionase dan aktivitas militer di perbatasan Ukraina, semakin memanas.

"Inti modul pertama stasiun luar angkasa Rusia yang baru saat ini tengah dikerjakan," kata Rogozin dalam sebuah pernyataan dikutip CNA.


Duterte Siap Kirim Kapal Perang buat Amankan Cadangan Minyak Filipina di LCS

Ia mengatakan bahwa perusahaan luar angkasa Rusia, Energia, juga berharap jika modul tersebut siap diluncurkan pada 2025 mendatang.

Beberapa hari lalu, Deputi Perdana Menteri Rusia Yury Borisov mengatakan bahwa Moskow sedang mempertimbangkan rencana untuk keluar dari program ISS mulai tahun 2025 mendatang karena fasilitas stasiun luar angkasa internasional tersebut sudah cukup usang.

Namun, Roscosmos mengatakan bahwa rencana untuk keluar dari ISS tersebut sejauh ini belum diputuskan.

"Saat kami membuat sebuah keputusan, kami akan mulai negosiasi dengan partner kami," kata lembaga tersebut kepada AFP.

12 Klub Bentuk Liga Super Eropa, Presiden FIFA: Mereka Bertanggung Jawab atas Pilihannya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia