logo


Duterte Siap Kirim Kapal Perang buat Amankan Cadangan Minyak Filipina di LCS

Presiden Filipina menegaskan bahwa dirinya akan mengerahkan pasukan militer untuk melindungi sumber minyak Filipina yang berada di Laut China Selatan

20 April 2021 17:45 WIB

Presiden Filipina Rodrigo Duterte
Presiden Filipina Rodrigo Duterte nypost

MANILA, JITUNEWS.COM - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan bahwa dirinya bertekad untuk menerjunkan kapal perangnya ke Laut China Selatan untuk mengamankan sejumlah sumber cadangan minyaknya di wilayah perairan tersebut dari ancaman China.

"Saya tidak begitu tertarik dengan perikanan. Saya pikit tidak cukup banyak ikan untuk diperebutkan di wilayah tersebut," kata Duterte pada Senin (19/4) dikutip CNA.

"Tapi, saat kami memulai mendapatkan apapun di dasar Laut China, termasuk minyak kami, maka sejak saat itu...Saya akan mengirimkan kapal abu-abu (kapal perang) saya di sana untuk mengklaimnya (wilayah Laut China Selatan)," tambahnya.


Uni Eropa Jatuhkan Sanksi terhadap 10 Petinggi Militer Myanmar

Meski demikian, Duterte menambahkan bahwa dirinya masih ingin menjalin hubungan baik dengan China.

Seperti diketahui, ketegangan di wilayah perairan tersebut semakin meningkat pada bulan lalu usai ratusan kapal China terdeteksi berada di Whitsun Reef, yang berada di dalam wilayah ZEE Filipina.

Filipina menyebut jika ratusan kapal tersebut ditumpangi oleh militan maritim China, dan meminta Beijing untuk segera menariknya keluar dari wilayah tersebut. Sementara itu, Beijing membantah tudingan tersebut dan mengatakan bahwa kapal-kapal tersebut berada di Whitsun Reef untuk berlindung dari gelombang tinggi di Laut China Selatan.

Pandemi Sebenarnya Bisa Dikendalikan dalam Hitungan Bulan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia