logo


Pandemi Sebenarnya Bisa Dikendalikan dalam Hitungan Bulan

Direktur Jenderal WHO mengatakan bahwa pandemi Covid-19 bisa segera dikendalikan jika vaksin dapat didistribusikan secara adil dan merata

20 April 2021 17:00 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

JENEWA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa pandemi Covid-19 dapat dikendalikan dalam hitungan bulan jika vaksin dapat didistribusikan secara adil dan merata.

"Kami punya alat untuk membawa pandemi menjadi terkendali dalam hitungan bulan, jika kita memberlakukannya secara konsisten dan merata," kata Tedros dalam sebuah briefing pada Senin (19/4) dikutip CNA.

Meski demikian, ia juga mengaku khawatir mengenai peningkatan kasus infeksi di seluruh dunia yang kemungkinan disebabkan oleh varian baru Covid-19 yang diyakini lebih mudah menular.


Uni Eropa Khawatir Jika Satu Percikan Kecil di Perbatasan Ukraina Bisa Picu Konfrontasi Besar

"Perlu waktu sembilan bulan untuk mencapai 1 juta kematian, empat bulan (tambahan) untuk mencapai dua juta, dan tiga bulan untuk mencapai tiga juta," tambahnya.

Sementara itu, aktivis pecinta lingkungan Greta Thunberg, yang juga ikut serta secara virtual juga melayangkan kritikan terkait pendistribusian vaksin. Menurutnya, sangat tidak etis jika negara kaya memprioritaskan warganya yang berusia muda dalam program vaksinasi Covid-19 daripada kelompok masyarakat rentan di negara-negara yang sedang berkembang.

Uni Eropa Jatuhkan Sanksi terhadap 10 Petinggi Militer Myanmar

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia