logo


Trump Minta Biden Tak Bikin Kerja Sama Rusia dan China Semakin Erat

Donald Trump memperingatkan bahwa meningkatnya kerja sama antara China dan Rusia dapat menjadi sebuah ancaman bagi AS

20 April 2021 15:28 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Mantan Presiden AS Donald Trump memperingatkan agar pemerintahan Joe Biden untuk tidak mengambil langkah yang dapat memicu Rusia meningkatkan kerja sama dengan China.

"Bergaul dengan Presiden (Vladimir) Putin adalah hal yang hebat, kita harus berbisnis dengan Rusia, kita harus bergaul dengan Rusia, daripada memaksa Rusia untuk jatuh ke tangan China," kata Trump dalam sebuah wawancara dengan Fox News.

Sebelumnya, Amerika Serikat menjatuhkan sanksi terhadap 32 entitas dan individu Rusia yang diyakini terlibat dalam sejumlah upaya intervensi urusan dalam negeri AS, termasuk Pilpres AS 2020. Sanksi tersebut diikuti dengan diusirnya 10 diplomat Rusia dari wilayah AS.


Antisipasi Agresi Militer China, Taiwan Ingin Beli Rudal Jarak Jauh Buatan Lockheed Martin

"Hal terburuk yang dapat anda lakukan adalah membuat China dan Rusia bersama, dan mereka bersama, dan terpaksa bersama," tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Trump mengklaim bahwa hubungan bilateral AS dengan China dan Rusia jauh lebih baik pada era pemerintahannya, dibanding dengan Joe Biden.

"Sesuatu sedang terjadi dengan Taiwan, atau dengan Ukraina saat ini, hal ini tidak pernah menjadi isu besar saat saya menjadi presiden," kata Trump.

"Saya berhubungan baik dengan Putin dan Xi (Jinping) hingga Covid-19 muncul," lanjut Trump.

Menlu Iran Puji Sikap Indonesia yang Dukung Perjanjian Nuklir Iran

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia