logo


Pemerintah Jepang Desak Junta Militer Myanmar Bebaskan Jurnalis Asal Jepang

Yuki Kitazumi, seorang jurnalis asal Jepang ditangkap oleh pihak kepolisian Myanmar pada akhir Februari lalu

19 April 2021 20:30 WIB

Yuki Kitazumi, jurnalis Jepang yang ditangkap oleh junta militer Myanmar
Yuki Kitazumi, jurnalis Jepang yang ditangkap oleh junta militer Myanmar CNA

TOKYO, JITUNEWS.COM - Pemerintah Jepang pada Senin (19/4) mengatakan bahwa mereka akan terus meminta junta militer Myanmar untuk segera membebaskan Yuki Kitazumi, seorang jurnalis asal Jepang yang ditangkap di kediamannya di Yangon pada Februari lalu.

Dalam sebuah sesi konferensi pers, Menteri Kabinet Jepang Katsunobu Kato mengatakan bahwa pihaknya sudah meminta otoritas militer Myanmar untuk menjelaskan latar belakang penangkapan Kitazumi secara detail dan meminta agar ia segera dibebaskan.

"Kami akan terus meminta pihak (junta militer) Myanmar agar ia (Yuki Kitazumi) segera dibebaskan, dan juga kami semaksimal mungkin berupaya untuk melindungi warga negara Jepang yang masih berada di negara tersebut," katanya, dikutip CNA.


Jubir China: Jepang dan Amerika Serikat Punya Banyak Hutang kepada Rakyat China

"Mengenai alasan penangkapan dan penahanannya, kedutaan besar Jepang tengah berupaya mempelajari detailnya," tambah Kato.

Yuki sudah ditangkap oleh pihak kepolisian Myanmar pada akhir Februari lalu saat dirinya melakukan liputan aksi demonstrasi yang memprotes tindakan junta militer mengambil alih pemerintahan Myanmar melalui kudeta.

Uni Eropa Susun Strategi untuk Tingkatkan Pengaruhnya di Indo-Pasifik

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia