logo


Uni Eropa Susun Strategi untuk Tingkatkan Pengaruhnya di Indo-Pasifik

Uni Eropa rencananya akan menyusun strategi untuk meningkatkan pengaruhnya di kawasan Indo-Pasifik

19 April 2021 19:30 WIB

Bendera Uni Eropa
Bendera Uni Eropa istimewa

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Uni Eropa pada Senin (19/4) dikabarkan telah menyusun langkah untuk meningkatkan pengaruh mereka di kawasan Indo-Pasifik, dalam berbagai sektor mulai dari sektor keamanan hingga kesehatan untuk melindungi kepentingan mereka dan menghadapi kebangkitan kekuatan China. Meski demikian, Uni Eropa menegaskan bahwa strategi mereka tersebut tidak bertujuan untuk melawan Beijing.

"Uni Eropa harus memperkuat fokus strategi, kehadiran dan tindakan di indo-Pasifik...berdasar pada dukungan demokrasi, aturan hukum, hak asasi manusia, dan undang-undang internasional," demikian pernyataan para menteri luar negeri Uni Eropa dalam sebuah dokumen dikutip Channel News Asia.

Dengan strategi tersebut, artinya Uni Eropa berencana meningkatkan profil diplomatik mereka pada berbagai isu yang berkembang di Indo-Pasifik, menggelontorkan investasi yang lebih besar dan kemungkinan menerjunkan lebih banyak personil militernya di kawasan, termasuk dengan mengirimkan kapal-kapalnya di Laut China Selatan.


AS Dukung Tindakan Republik Ceko Usir 18 Diplomat Rusia

Meski demikian, detail mengenai rencana tersebut masih belum disetujui.

Sejumlah diplomat Uni Eropa mengatakan bahwa banyak negara di Indo-Pasifik menginginkan blok tersebut untuk secara aktif menjaga perdagangan tetap terbuka dan memastikan negara-negara di kawasan tersebut untuk tidak terpecah menjadi dua kubu, yakni berpihak ke Beijing atau Washington saja.

"Uni Eropa akan mengembangkan kerjasama dan memperkuat sinergitas dengan negara sahabat dan organisasi yang relevan terkait keamanan dan pertahanan," kata Uni Eropa.

"Hal ini termasuk merespon berbagai tantangan keamanan internasional, termasuk keamanan maritim," tandasnya.

 

Jubir China: Jepang dan Amerika Serikat Punya Banyak Hutang kepada Rakyat China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×