logo


Trump Kecam Rencana Joe Biden Tarik Pasukan AS Keluar dari Afghanistan pada 11 September

Trump mengatakan bahwa pemerintahan Joe Biden seharusnya dapat menarik pasukan AS keluar dari Afghanistan pada 1 Mei mendatang

19 April 2021 17:00 WIB

Donald Trump
Donald Trump bbc

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Keputusan Presiden Joe Biden untuk menarik semua pasukan AS dari Afghanistan pada 11 September mendatang mendapat kritikan dari mantan Presiden AS, Donald Trump.

Sebelumnya, Donald Trump dan kelompok militan Taliban telah menggelar perjanjian damai, dimana pada perjanjian tersebut AS harus menarik semua pasukan militernya dari Afghanistan pada 1 Mei mendatang. Sebagai gantinya, Taliban akan menghentikan tindakan kekerasannya di negara tersebut.

Dalam sebuah pernyataan tertulis yang dirilis pada Minggu (18/4), Trump menyebut keputusan Joe Biden tersebut merupakan sebuah kesalahan.


Uni Eropa Desak Rusia Beri Layanan Kesehatan yang Layak bagi Alexei Navalny

"Pertama, kita bisa dan seharusnya keluar (dari Afghanistan) lebih awal. Sembilan belas tahun sudah cukup, faktanya, (keterlibatan AS di Afghanistan) sudah lebih dari cukup dan terlalu lama," kata Trump.

"Saya membuat penarikan dini dengan sudah menarik peralatan kami yang bernilai miliaran dolar dan, yang lebih penting, mengurangi kehadiran militer kami menjadi kurang dari 2.000 tentara dari level 16.000 yang ada di sana," tegasnya.

"11 September merupakan peristiwa dan periode yang sangat menyedihkan bagi negara kita dan harus tetap menjadi hari refleksi dan peringatan untuk menghormati jiwa-jiwa besar yang hilang. Keluar dari Afghanistan adalah hal yang indah dan positif untuk dilakukan," katanya.

Trump juga mengecam tindakan Joe Biden mengingkari perjanjian damai yang sudah ia buat dengan kelompok Taliban.

"Saya berencana untuk melakukan penarikan (pasukan) pada 1 Mei, dan kita seharusnya menjaga jadwal tersebut," tandasnya.

Jelang Olimpiade Tokyo, Dua Wilayah di Jepang Kembali Lockdown

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia