logo


Jelang Olimpiade Tokyo, Dua Wilayah di Jepang Kembali Lockdown

Pemerintah Tokyo dan Osaka menyatakan bahwa mereka perlu memperketat aturan pembatasan sosial guna menekan penyebaran virus Covid-19 menjelang digelarnya Olimpiade Tokyo bulan Juli mendatang

19 April 2021 16:24 WIB

Salah satu sudut kota Tokyo, Jepang
Salah satu sudut kota Tokyo, Jepang Live Japan

TOKYO, JITUNEWS.COM - Dua pemerintah daerah di Jepang, Tokyo dan Osaka, dikabarkan berencana untuk memberlakukan kembali status darurat guna memperketat aturan pembatasan sosial, menyusul terjadinya peningkatan jumlah kasus infeksi Covid-19 belakangan ini.

Meningkatnya kasus infeksi tersebut tentu saja membuat persiapan penyelenggaraan event Olimpiade Tokyo, yang akan dimulai pada Juli mendatang, menjadi lebih menyulitkan.

Seperti diketahui, pemerintah Jepang sebelumnya juga sudah memasukkan prefektur Osaka dan Tokyo dalam daftar wilayah yang memberlakukan status darurat nasional, dimana status tersebut membuat pemerintah dapat memberlakukan aturan lockdown guna menekan penyebaran infeksi Covid-19.


Hadapi Ancaman China, Jepang dan AS Perkuat Kerja Sama Bilateral

"Layanan medis saat ini juga berada dalam situasi yang mengerikan, dan kami sudah memastikan bahwa kita perlu (memberlakukan) status darurat nasional. Kami perlu kebijakan yang lebih kuat seperti itu untuk menghentikan pergerakan masyarakat," kata Gubernur Osaka Hirofumi Yoshimura, dikutip Reuters.

Sementara itu, langkah yang serupa juga tengah diupayakan oleh Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, agar jumlah penambahan kasus infeksi Covid-19 harian dapat menurun menjelang digelarnya Olimpiade Tokyo.

"Mengambil tindakan pencegahan sangatlah krusial untuk saat ini," katanya.

 

Uni Eropa Desak Rusia Beri Layanan Kesehatan yang Layak bagi Alexei Navalny

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×