logo


Uni Eropa Desak Rusia Beri Layanan Kesehatan yang Layak bagi Alexei Navalny

Kondisi kesehatan Alexei Navaly, tokoh oposisi Rusia yang kini mendekam di dalam penjara, dikabarkan semakin memburuk.

19 April 2021 16:05 WIB

Alexey Navalny
Alexey Navalny istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Uni Eropa meminta Rusia untuk menyediakan layanan kesehatan yang layak bagi tokoh oposisi Kremlin yang tengah mendekam di penjara, Alexei Navalny, usai dua orang terdekatnya mengatakan bahwa kondisi kesehatan Navalny saat ini semakin memburuk.

Untuk diketahui, Navalny merupakan tokoh yang menjadi musuh bagi Presiden Vladimir Putin, sebelumnya sempat menyatakan bahwa dirinya akan melakukan mogok makan pada akhir Maret lalu sebagai bentuk protes akibat otoritas penjara Rusia tidak memberikan dirinya akses layanan kesehatan.

"Kami akan meminta tanggung jawab dari otoritas Rusia mengenai situasi kesehatan Navalny," kata Joseph Borrel, Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa, dikutip Reuters.


PM Jepang Bertekad Bakal Gelar Olimpiade Tokyo Tahun Ini

Pada Agustus tahun lalu, Navalny terpaksa diterbangkan ke Jerman untuk mendapatkan perawatan. Tim dokter Jerman mengatakan bahwa Navalny telah diracun dengan senyawa novichok, sebuah senyawa racun yang biasa digunakan oleh militer Rusia dalam mengeksekusi seseorang. Setelah dirasa pulih, Navalny memutuskan kembali ke Rusia pada Januari awal tahun ini. Namun, pihak pemerintah Rusia justru menangkap dan menjebloskannya ke dalam penjara.

Sementara itu, dua kolega Navalny, Vladimir Ashurkov dan Leonid Volkov, dikabarkan telah melayangkan permintaan kepada sejumlah menteri Uni Eropa untuk membahas mengenai kondisi kesehatan Navalny pada pertemuan mereka yang digelar pada Senin (19/4) ini.

Di sisi lain, pihak otoritas penjara Rusia mengatakan bahwa mereka sudah mencoba menawarkan layanan kesehatan yang layak kepada Navalny, tapi tokoh oposisi tersebut menolak.

Hadapi Ancaman China, Jepang dan AS Perkuat Kerja Sama Bilateral

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia