logo


Belum Ada Kepastian Reshuffle, PKB: Jika Berlama-lama, Pasti Akan Mengganggu Kinerja Menteri

Luqman mengatakan bahwa PKB menghormati keputusan Jokowi soal reshuffle

19 April 2021 13:08 WIB

Luqman Hakim
Luqman Hakim Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Elite PKB, Luqman Hakim, menyebut kebiasaan Presiden Joko Widodo yang identik mengumumkan keputusan reshuffle kabinet di hari Rabu Pon atau Rabu Pahing.

"Soal hari apa, mungkin menurut pendekatan spiritual tertentu perlu mempertimbangkan nama hari, misalkan Rabu seperti yang menjadi kebiasaan Pak Jokowi selama ini," kata Luqman kepada wartawan, Senin (19/4).

Menurutnya, yang lebih penting adanya kepastian mengenai reshuffle. Luqman menyebut bahwa reshuffle akan berdampak pada kinerja menteri.


Ganjar 'Colek' Anies Baswedan, Golkar: Ini Sih Persaingan Capres 2024 Kayaknya

"Bagi masyarakat dan negara, lebih penting mempertimbangkan perlunya segera ada kepastian. Dalam keadaan seperti ini, di mana rencana reshuffle sudah terbuka ke publik, jika berlama-lama, pasti akan mengganggu kinerja menteri-menteri. Kalau kinerja menteri terganggu, yang rugi tentu Presiden dan rakyat," ujarnya.

Luqman mengatakan bahwa PKB menghormati keputusan Jokowi soal reshuffle.

"Reshuffle kabinet itu hak prerogatif Presiden. PKB menghormati apa pun keputusan Presiden. Jika Presiden memutuskan melakukan reshuffle, sebaiknya segera saja diumumkan. Agar ada kepastian," ucap Luqman.

"Jadi PKB tidak dalam posisi mendesak Presiden agar melakukan reshuffle lho, ya," kata Luqman.

Luqman mengatakan bahwa perlu adanya kepastian dan kesolidan kabinet.

"Situasi negara saat ini membutuhkan kepastian dan soliditas kabinet. Penanganan pandemi dan upaya menjaga kehidupan ekonomi, pelaksanaan pendidikan nasional yang amburadul, gangguan keamanan di Papua, serta penanganan bencana alam di berbagai daerah akan terganggu jika anggota-anggota kabinet tidak dalam kepercayaan diri penuh akibat isu reshuffle ini," kata Luqman.

Jokowi Belum Umumkan Reshuffle, Ngabalin: Memang Butuh Waktu

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata