logo


India 'Tsunami' Covid-19, Menkes Sebut Risiko Serupa Bisa Melanda RI

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan agar masyarakat tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

19 April 2021 08:30 WIB

India mengalami lonjakan kasus Covid-19 usai menjalani ritual keagamaan Hindu
India mengalami lonjakan kasus Covid-19 usai menjalani ritual keagamaan Hindu ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - India menjadi salah satu negara yang mengalami ledakan kasus Covid-19. Warga India menghadapi 'tsunami' Covid-19 usai merayakan ritual keagamaan dengan mandi bersama di sungai Gangga.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa kasus serupa bisa saja terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, ia mengingatkan agar masyarakat tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Menkes menilai bahwa ledakan kasus Covid-19 di India terjadi karena tingkat vaksinasi yang rendah. Selain itu, kecenderungan masyarakat yang sudah mulai lengah menerapkan protokol kesehatan.


Istri Ridwan Kamil Positif Covid-19 Meski Sudah 2 Kali Divaksin, Kemenkes: Efikasi Tidak Ada yang 100%!

"Prokes (protokol kesehatan) sudah lupa. Kita sudah mulai lupa, tapi belum kayak India," kata Menkes Budi dalam diskusi daring, Minggu (18/4/2021).

Ia juga menilai faktor lain yang mempengaruhi ledakan kasus Covid-19 di India yakni ditemukannya varian Covid-19 tipe B117 dari Inggris yang lebih cepat menular ketimbang varian awal.

Ia lantas meminta masyarakat berhati-hati dengan Covid-19 varian B117. Pasalnya varian tersebut sudah ditemukan di beberapa daerah di Indonesia.

"Kita harus lebih banyak genome sequencing di Palembang, Kalimantan Selatan, Medan, dan Karawang. Karena di situ kita lihat sudah ada transmisi lokal," jelas Menkes Budi.

"Transmisi impor itu lebih gampang, tinggal di airport atau gerbang nasional. Tapi kalau transmisi lokal, itu artinya yang impor udah menular lokal. Itu yang mesti dijaga," ucapnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar Indonesia tidak mengalami ledakan kasus Covid-19 sebagaimana yang terjadi di India. Ia mengingatkan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Selama kita bisa jaga prokesnya terutama di hari-hari keagamaan tidak kumpul kumpul terlalu banyak, mudah-mudahan nggak kayak India," pungkasnya.

Minta Publik Tak Ributkan Vaksin Nusantara di Medsos, Menkes: Biarkan Ahli yang Berdebat

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati