logo


Hadapi Ancaman China, Jepang dan AS Perkuat Kerja Sama Bilateral

PM Jepang berkunjung ke Washington untuk bertemu dengan Presiden AS pada Joe Biden pada Jumat (16/4)

17 April 2021 13:23 WIB

Presiden AS Joe Biden (kanan) dan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga
Presiden AS Joe Biden (kanan) dan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga Al Jazeera

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden AS Joe Biden pada Jumat (16/4) mengatakan bahwa pihaknya ingin meningkatkan kerjasama dengan Jepang untuk menghadapi ancaman China di Laut China Selatan yang semakin meningkat. Hal itu ia sampaikan secara langsung kepada Perdana Menteri Yoshihide Suga yang berkunjung ke Gedung Putih.

Sementara itu, Suga mengatakan bahwa perdamaian dan stabilitas di kawasan Selatan Taiwan juga sangat penting untuk diupayakan.

"Hari ini, Saya dan Perdana Menteri Suga menegaskan dukungan kuat kami bagi aliansi AS-Jepang dan untuk keamanan kita bersama," kata Biden dalam konferensi pers usai pertemuan dengan SUga, dikutip Reuters.


AS Kecam China dan Hong Kong soal Vonis 12 Bulan Penjara yang Diterima oleh Aktivis Pro-Demokrasi

Pada kesempatan tersebut, Biden juga mengatakan bahwa AS dan Jepang akan meningkatkan investasi mereka di sejumlah sektor teknologi seperti pengembangan 5G, kecerdasan buatan atau artificial intelligent, komputer quantum dan rantai pasokan chipset.

Joe Biden dan Suga juga mengatakan bahwa AS akan menggelontorkan dana hingga USD$ 2,5 miliar dan Jepang sebesar US$ 2 miliar untuk memperkuat kompetitif digital termasuk pada jaringan 5G atau pengembangannya.

"Jepang dan Amerika Serikat sudah berinvestasi secara mendalam dalam inovasi dan untuk masa depan," kata Biden.

"Itu termasuk memastikan investasi kita sudah masuk dan melindungi teknologi yang akan menjaga dan mempertajam sisi kompetisi kita," tukasnya.

PM Jepang Bertekad Bakal Gelar Olimpiade Tokyo Tahun Ini

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia