logo


Larang Mudik, Jokowi: Saya Mengerti Kita Semua Pasti Rindu Sanak Saudara

Jokowi mengatakan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sedang membaik

16 April 2021 22:30 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Instagram @jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa larangan mudik lebaran untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19. Pemerintah memberlakukan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Jokowi mengatakan bahwa keputusan tersebut berkaca pada lonjakan kasus usai libur.

"Keputusan ini diambil melalui berbagai macam pertimbangan karena pengalaman tahun lalu terjadi tren kenaikan kasus setelah empat kali libur panjang," kata Jokowi disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (16/4).


Sebut Rapsel Ali Calon Menteri Jokowi, JoMan: Jejak Rekam Pengabdiannya Jelas

Jokowi mengatakan bahwa terjadi peningkatan kasus Covid-19 93 persen usai lebaran tahun lalu. Pada libur panjang 20-23 Agustus 2020 juga terjadi peningkatan kasus 119 persen. Sedangkan libur 28 Oktober hingga 1 November 2020 juga terjadi kenaikan kasus hingga 95 persen.

"Keempat, terjadi kenaikan saat libur di akhir tahun 24 Desember 2020 sampai dengan 3 Januari 2021 mengakibatkan kenaikan jumlah kasus harian mencapai 78 persen dan kenaikan tingkat kematian mingguan hingga 46 persen," ujarnya.

Jokowi mengatakan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sedang membaik.

"Saya mengerti kita semua pasti rindu sanak saudara di saat seperti ini, apalagi di lebaran nanti, tapi mari kita utamakan keselamatan bersama dengan tidak mudik ke kampung halaman," ujar Jokowi.

Minta Publik Tak Spekulasi Calon Menteri Inisial M, Menkominfo: Nanti Berdampak pada Kredibilitas Tokoh Nasional

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata