logo


Bicara Soal Perlindungan Warga, Moeldoko Tegaskan Prioritas Presiden

Moeldoko berbicara soal upaya pemerintah memperkuat perlindungan warga negara dari kekerasan lewat dukungan lima lembaga

16 April 2021 18:00 WIB

Moeldoko
Moeldoko Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko, berbicara soal upaya pemerintah memperkuat perlindungan warga negara dari kekerasan lewat dukungan lima lembaga yang tergabung dalam Kerjasama untuk Pencegahan Penyiksaan (KuPP).

"Konsep perlindungan inklusif dan paripurna dalam rangka memperkuat bukan semata kehadiran pemerintah, tetapi juga kehadiran negara dalam perlindungan warga negara," ujar Moeldoko dalam keterangan tertulis, Jumat (16/4).

Penyataan itu disampaikan Moeldoko saat menerima audiensi KuPP di gedung Bina Graha. Moeldoko mengatakan bahwa perlindungan warga merupakan amanat konstitusi yang menjadi prioritas Presiden Joko Widodo.


Soal Inisial M yang Di-reshuffle, Pengamat: Kemungkinan Besar Moeldoko

"Maka kami dukung penuh independensi KuPP dalam melaksanakan mandatnya untuk memberikan pendampingan pada pemerintah dan masyarakat guna meningkatkan kesadaran tentang konsep perlindungan inklusif dan paripurna," ujarnya.

Moeldoko mengatakan bahwa Jokowi berharap lembaga-lembaga negara independen dapat memperkuat reputasinya sehingga bisa menjadi model dan rujukan kinerja HAM dan tata kelola.

Lima lembaga negara yang dimaksud adalah Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), serta Ombudsman RI.

Politikus PKPI: Para Pembantu Pak Jokowi Kebanyakan Gak Bernyali

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata