logo


Soal Inisial M yang Di-reshuffle, Pengamat: Kemungkinan Besar Moeldoko

Umam memiliki analisis mengenai anggota Kabinet Indonesia Maju berinisial M yang disebut akan di-reshuffle.

16 April 2021 15:30 WIB

Ahmad Khoirul Umam
Ahmad Khoirul Umam Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Doktor Politik Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam memiliki analisis mengenai anggota Kabinet Indonesia Maju berinisial M yang disebut akan di-reshuffle.

Umam menilai kemungkinan besar inisial M yang dimaksud adalah Moeldoko. Menurutnya, hal itu dikarenakan Moeldoko banyak disorot oleh publik.

"Jika melihat tren yang ada, memang kemungkinan besar Moeldoko," kata Umam kepada wartawan, Jumat (16/4).


Legowo Demokrat Tak Masuk Kabinet, Andi Arief: Kami Tidak Pernah Berharap

Menurutnya, kecil kemungkinan Menko Polhukam, Mahfud Md, akan di-reshuffle. Umam menilai kinerja Mahfud baik dan bisa merepresentasikan sikap pemerintah.

"Sebab, kinerja Pak Mahfud tergolong yang baik. Mahfud mampu merepresentasikan sikap pemerintah dalam memenangkan berbagai perdebatan kebijakan publik, utamanya terkait sektor polhukam. Jadi tidak ada urgensi untuk mengganti Mahfud," ujarnya.

"Adapun jika ada yang berusaha mendorong Mahfud digeser, besar kemungkinan itu berasal dari kekuatan oligarki, utamanya terkait keberaniannya untuk mendesak gugatan perdata kasus BLBI (Rp 101 triliun), di saat KPK justru men-SP3-kan tersangka kelas kakap di kasus BLBI," lanjut Umam.

Sedangkan Menko PMK, Muhadjir Effendy, Umam menilai jauh dari kontroversi. Menurutnya, Muhadjir bisa jadi tergeser ke Kemendikbud-Ristek.

Tanggapi Isu KLB PKB, Kiai Maman: Ada yang Iri Dengki

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata