logo


Nggak Cuma Indonesia, Ternyata Malaysia Juga Bakal Larang Warganya untuk Mudik

Kementerian Kesehatan Malaysia mengajukan permohonan kepada pemerintah agar kegiatan mudik lebaran tahun 2021 ini dilarang usai jumlah kasus infeksi Covid-19 semakin meningkat beberapa pekan terakhir

15 April 2021 19:46 WIB

Mudik
Mudik Bisnis.com

KUALA LUMPUR, JITUNEWS.COM - Kementerian Kesehatan Malaysia pada Kamis (15/4) dikabarkan telah mengajukan permohonan kepada pemerintah untuk melarang kegiatan mudik menyusul terjadinya peningkatan jumlah kasus Covid-19 dalam lima pekan terakhir.

Malaysia sebenarnya sudah mulai melonggarkan aturan pembatasan sosial sejak mereka menggelar program vaksinasi pada Februari lalu. Meski demikian, hingga saat ini pemerintah masih belum memutuskan apakah mereka akan mengijinkan warga untuk melakukan perjalanan antar wilayah selama perayaan Idul Fitri yang jatuh pada 13 Mei mendatang.

"Karena jumlah penambahan kasus infeksi Covid-19 harian masih terus meningkat dan belum stabil, perjalanan antar wilayah (mudik) perlu ditunda," kata Menkes Malaysia Adham Baba, dikutip Reuters.


Situasi Korea Utara Tak Seburuk yang Disampaikan oleh Kim Jong Un

Pada kesempatan terpisah, Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah mengatakan bahwa pihaknya telah mengidentifikasi dua kasus infeksi varian baru Covid-19 yang pertama kali ditemukan di Inggris.

Varian yang juga dikenal dengan nama B.1.1.7 tersebut ditemukan pada dua warga Malaysia yang sebelumnya sempat melakukan perjalanan ke Polandia pada bulan lalu dan teruji positif Covid-19 pada 30 Maret. Sehingga, total ada lima kasus infeksi varian baru Covid-19 yang telah teridentifikasi di Malaysia.

Sejauh ini, pemerintah Malaysia sendiri sudah melaporkan 367.977 kasus infeksi Covid-19 dengan 1.363 kematian.

Selesaikan Krisis Imigran Ilegal, Wapres AS Kunjungi Beberapa Negara Amerika Tengah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia